PENGARUH SOCIAL INFLUENCE DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN E-WALLET DANA DENGAN LITERASI KEUANGAN DIGITAL SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (STUDI KASUS GENERASI Z WILAYAH PURWOKERTO)

Septian, Hasanain Pratama (2024) PENGARUH SOCIAL INFLUENCE DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN E-WALLET DANA DENGAN LITERASI KEUANGAN DIGITAL SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (STUDI KASUS GENERASI Z WILAYAH PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Septian Hasanain Pratama_Pengaruh Social Influence Dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan Dengan Literasi Keuangan Digital Sebagai Variabel Pemoderasi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat merubah berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk sektor keuangan. Masyarakat mengalami peralihan dalam segala hal dari semula yang memakai cara tradisional sekarang beralih ke digital termasuk bagaimana manusia melakukan pembayaran. Salah satu metode pembayaran yang banyak digunakan adalah e-wallet. DANA merupakan salah satu e-wallet yang mampu mempertahankan eksistensinya ditengah persaingan yang ada di indonesia. Hal ini lah yang menarik mengenai faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan penggunaan sehingga e-wallet DANA tetap menjadi brand yang banyak digunakan di indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh social influence dan keamanan terhadap keputusan penggunaan e-wallet DANA dengan literasi keuangan digital sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik non-probability sampling metode purposive sampling dengan jumlah sampel 385 dan menggunakan 2 variabel independen yaitu social influence dan keamanan serta satu variabel moderating yaitu literasi keuangan digital. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel social influence berpegaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan e-wallet DANA. Variabel keamanan berpegaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan e-wallet DANA. Sedangkan variabel literasi keuangan digital tidak dapat memperkuat social influence dan keamanan terhadap keputusan penggunaan e-wallet DANA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Social Influence, Keamanan, Keputusan Penggunaan, Literasi Keuangan Digital.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Septian Hasanain Pratama sdr
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:20
Last Modified: 03 Jul 2024 06:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25128

Actions (login required)

View Item View Item