Siti Nur, Kholifah (2024) PERAN PENTING GURU DALAM OPTIMALISASI LITERASI AL-QUR'AN DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Siti Nur Kholifah_Peran Penting Guru Dalam Optimalisasi Literasi Al-Qur'an di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Literasi al-Qur’an meliputi kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an. Dalam proses pembelajaran al-Qur’an tentunya tidak lepas dari guru. Guru mengajarkan ilmu pengetahuan dan merupakan sosok yang sangat penting dalam proses pembelajaran guna mencapai tujuan Pendidikan. Namun, dalam pelaksanaannya pembelajaran al-Qur’an tidak lepas dari kendala dan hambatan yang dialami peserta didik, sehingga diperlukan adanya peran dan metode, strategi guru untuk mengatasi masalah kesulitan siswa. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut tentang peran penting guru dalam Optimalisasi literasi al-Qur’an di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran penting guru dalam optimmalisasi literasi al-Qur’an di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto, dan mengetahui strategi dan metode yang dilakukan guru untuk optimalisasi literasi al-Qur’an di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yaitu menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa: SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto merupakan sekolah umum berbasis agama yang menerapkan kegiatan literasi al-Qur’an. Literasi al-Qur’an tidak lepas dari peran guru, yaitu guru sebagai pendidik, fasilitator, pembimbing, motivator, evaluator dan sebagai rolemodel. Dampak yang ditimbulkan dari peran guru tersebut antara lain peningkatan keterampilan membaca dan memahami al-Qur’an, penguatan nilai-nilai islam, meningkatnya motivasi dan minat belajar siswa, peningkatan prestasi akademik, serta perkembangan kontribusi sosial siswa SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Dari dampak yang dihasilkan tentu tidak lepas penerapan dari strategi dan metode pengajaran yang efektif guna meningkatkan literasi al-Qur’an. Adapun metode pengajaran yang digunakan yaitu pembelajaran tajwid dengan metode iqro’, pembelajaran Hafalan dengan metode drill seperti penerapan tajwid,bimbingan dan koreksi langsung, muroja’ah dan setoran hafalan. Pengajaran selanjutnya yaitu keterampilan menulis al-Qur’an, penggunaan teknologi dan media digital serta mentoring dan pendampingan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Optimalisasi Literasi al-Qur’an, SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto |
Subjects: | 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1227 Pendidikan Al Qur'an 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Nur Kholifah sdri |
Date Deposited: | 03 Jul 2024 06:14 |
Last Modified: | 03 Jul 2024 06:14 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25127 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |