PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI TAHFIDZ AL-QUR’AN SISWA KELAS 2 DI SD DARUL QUR’AN AL-KARIM BATURADEN

Qorina, Nadiatus Salamah (2024) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI TAHFIDZ AL-QUR’AN SISWA KELAS 2 DI SD DARUL QUR’AN AL-KARIM BATURADEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Qorina Nadiatus Salamah_Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Tahfidz Siswa Kelas 2 di SD Darul Qur'an Al-Karim Baturraden.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Guru memiliki peran yang sangat penting sebagai pemegang kunci utama dalam keberhasilan proses pembelajaran. Guru harus mampu membimbing serta memberikan dukungan atau motivasi kepada peserta didik dalam mengatasi kesulitan-kesulitan yang dialami. Pada usianya yang terhitung masih belia anak sering merasa jenuh dan enggan untuk belajar Al-Qur’an. Dalam hal ini peran guru sangat dibutuhkan untuk menjadi motivator yang baik bagi anak. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui: “Bagaimana Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Tahfiz Al-Qur’an Siswa Kelas 2 di SD Darul Qur’an Al-Karim Baturaden?”. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SD Darul Qur’an Al-Karim Baturaden. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu data yang diperoleh tidak dituangkan dalam bentuk angka-angka. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan dianalisis menggunakan reduksi data, peyajian data, verifikasi data, dan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Darul Qur’an Al-Karim Baturaden yaitu guru menjadi pendidik yang baik, menjadi motivator dengan memberikan nasihat, hadiah, pujian, permainan, serta hukuman, melakukan pengelolaan kelas, dan mengadakan evaluasi. Berdasarkan hasil dari penelitian ini ditunjukkan dengan perubahan sikap dan perilaku anak yang mencerminkan meningkatnya motivasi dalam menghafal Al-Qur’an yang ditandai dengan hafalan cepat bertambah dan tercapainya target hafalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Motivasi Tahfiz Al-Qur’an
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Qorina Nadiatus Salamah sdri
Date Deposited: 30 Jun 2024 00:21
Last Modified: 30 Jun 2024 00:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25097

Actions (login required)

View Item View Item