MANAJEMEN KURIKULUM DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SD N 2 MANDONG TRUCUK KLATEN

Muhammad, Syuhaib Al ashfa (2024) MANAJEMEN KURIKULUM DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SD N 2 MANDONG TRUCUK KLATEN. Skripsi thesis, UIN Prof K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD SYUHAIB AL ASHFA_MANAJEMEN KURIKULUM DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SD N 2 MANDONG TRUCUK KLATEN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Manajemen kurikulum merupakan sebuah pengaturan kurikulum yang komprehensif, kooperatif, sistemik pada rencana terwujudnya target kurikulum pada pelaksanaannya manajemen berbasis sekolah serta kurikulum tingkat satuan pendidikan, Maka dari itu fasilitas yang dikasih kepada instusi pendidikan tak mengacuhkan kebijaksanaan nasional yang telah diatur. Penelitian ini menjawab dari rumusan masalah tentang bagaimana manajemen kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD N 2 Mandong Trucuk Klaten, penelitian ini dilakukan di SD N 2 Mandong Trucuk Klaten yang menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawanacara, dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan mutu manajemen kurikulum di SD N 2 Mandong Trucuk Klaten memiliki beberapa tahapan yaitu perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan semua disusun sebagai dasar kegiatan untuk setahun ke depan agar selaras dengan peningkatan mutu dimana terdapat penyusunan program tahunan, program semester, rencana pelaksanaan pembelajaran, silabus, pembagian waktu beban pembelajaran dan kegiatan lain yang menunjang. Kemudian tahap implementasi dengan melaksanakan kegiatan sesuai dengan perencanaan diantaranya SDN 2 Mandong menerapkan 2 kurikulum yaitu Kurikulum 2013 untuk kelas 3 dan 6 sedangkan Kurikulum Merdeka untuk kelas 1,2,4, dan 5, lalu terdapat kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, seni tari dan BTQ, penerapam P5 dan melakukan kegiatan pembiasaan setiap harinya. Di samping itu, tahap evaluasi untuk menilai bagaimana implementasi kurikulum telah sesuai dengan rencana atau tidak. Dalam hal ini SDN 2 Mandong dilakukan untuk satuan tenaga pengajar dan siswa. Dimana untuk tenaga pengajar terdapat tiga program yaitu Program Reguler Supervisi Sekolah, Kegiatan Kelompok Kerja Guru se Gugus, dan Pelaksanaan In House Training ketiganya menunjang peningkatan mutu tenaga pengajar dalam implementasi kurikulum. Kemudian evaluasi terhadap siswa ada 4 metode yaitu evaluasi harian, evaluasi per unit belajar, evaluasi semester dan evaluasi tahunan. Evaluasi ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa sejauh mana mampu menerapkan kurikulum dan pengetahuan yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Syuhaib Al ashfa sdr
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:38
Last Modified: 27 Jun 2024 03:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25075

Actions (login required)

View Item View Item