Prosiding: Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universita Pekalongan

Ihwan, Zulkarnain, dkk (2023) Prosiding: Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universita Pekalongan. In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universita Pekalongan.

[img]
Preview
Text
ProSandika (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika) 2022 Vol 4 No 1 (2023).pdf

Download (30MB) | Preview
Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: DAFTAR ISI Sampul …………………………………………………………………………………………………………. i Dewan Redaksi………………………………………………………………………………………………... ii Daftar Isi………………………………………………………………………………………………………... iii Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Adversity Quotient terhadap Prestasi Belajar Matematika. Oleh: Ihwan Zulkarnain, Silvia Septhiani, Diah Oga Nusantari……………………….…... 1 Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep pada Materi Matriks Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Ma’arif NU Doro. Oleh: Angga Arista, Sayyidatul Karimah…………..…………………... 13 Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap Motivasi dan Keberhasilan Belajar Matematika bagi Siswa Sekolah Dasar. Oleh: Nur Vania Fitra, Lilik Maysuri Sari Dewanti, Adhy Rinasya Jati …………………………………………………………………………………………………………………… 25 Penerapan Ethnomatematika dalam Permasalahan Literasi Matematika Sekolah Dasar. Oleh: Sapitri, Marhaen Evania, Meike Dwi Maharani, Desra Aulia……..………………………………………. 33 Mengatasi Miskonsepsi Membandingkan Nilai Pecahan Sederhana Kelas 3 SD Dengan Model PBL Berbasis Teori Bruner. Oleh: Kartika Amalia, Urie Elmara Wijayasir, Hilda Kusumaningtyas, Trimurtini……………………………………………………….……..………………………………………… 45 Pengembangan Buku Ajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel melalui Eksplorasi Kuliner Telur Asin. Oleh: Manggar Inggita Karuna, Erna Fathika Sari, Adi Satrio Ardiansyah…….……................... 59 Pengembangan Buku Ajar dengan Pendekatan Etnomatematika Melalui Objek Nuwo Sesat dalam Materi Bangun Datar. Oleh: Adi Satrio Ardiansyah, Alifya Putri Siswanti, Redwinda Aktari………….. 71 Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK dengan Metode 3D pada Materi Barisan dan Deret: Muhammad Reza Faza, Neko Rosa Regeta, Relix Chintya Fika Nurilah, Nurina Hidayah………………………………………………………………………………………….……………… 81 Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Soal Matriks Berdasarkan Langkah Polya. Oleh: Uswatun Hasanah, Khuzaeni Aulah Saniy, Sari Risqi Amalia, Nurina Hidayah, Anggun Puspa Arumdani……………………………………………………………….………… 91 Single-Subject Research: Pengaruh Media Belajar Berbasis Tri-N terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Oleh: Elfrida Yani, Fitria Sulistyowati, Maria Marfiani Tapo………………………………… 103 Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Media LKPD. Oleh: Siska Hanna Fidatul Syafitri, Fitria Sulistyowati……………………………………………………………………………………………………... 115 Studi Literatur: Meningkatkan Kreativitas Guru Matematika dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dengan Model Pembelajaran PBL. Oleh: Chotimah Windiarti, Husna Ainun Najwa, Rachel Golda Meilanda, Rizki Hanantri Ramadhan……………………………………………………….. 123 Implementasi Pembelajaran Steam Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Menengah. Oleh: Nilam Arum Setyaningsih, Farda Azkiya Billah, Linda Kamelia…………………………………………………………………………………………………………. 133 Strategi Pembelajaran Etnomatematika terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Karakter Rasa Ingin Tahu Berbantuan Geogebra. Oleh: Annisa Rahma Niar, Koimatul Chasanah, Popy Nur Hikmah………………………………………………………………………………………………. 143 Literature Review: Efektivitas Aplikasi Wordwall pada Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Oleh: Alifia Sabila Al-qonita, Nadaa Utada Aliputri, Pusparani Putri Kinasih……………………………………………………………………………………………………. 155 Studi Literatur: Model Pembelajaran PBL dan Metode Drill untuk Meningkatkan Kemampuan 163 Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Oleh: Desty Farida Azzahro, Hanna Illaya Salsabila, Yuyun Nailatul Fitri……………………………………………………………………………………………………... Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Media Pembelajaran Matematika Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa. Oleh: Muhammad Anwar, Lintang Rizqy Septiani, Nur Khayatun……………………………………………………………………………………………………..…. 177 Implementasi Hukum Kekekalan Volume Berdasarkan Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Oleh: Egi Nugraha, Ita Soliha, Theressa Yolanda Angelina Hutagalung………………………..………. 185 Etnomatematika pada Kebudayaan Jawa dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Oleh: Alifia Sri Agustin, Mentari Sekarwati, Muhammad Asdi Elvistoni, Nur Tsani Latifah……………………………………………………………………………………………………………. 195 Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Self Efficacy. Oleh: Nanik Nahlati, Fitria Sulistyowati………………………………………………………………………………………………. 203 Pengaruh E-Modul Interaktif Berbasis Canva pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan terhadap Siswa Minat Belajar Rendah. Oleh: Kholifah Dinnisa, Fitria Sulistyowati………………..….. 213 Studi Literatur: Efektivitas Model PBL Pendekatan STEM terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik. Oleh: Amanda Oky Viana, Deswita Nurrahma Alfatira, Hani Rosyidah Hadiningsih………………………………………………………………………………………….. 221 Efektivitas Pembelajaran PBL dan Saintifik RME terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika. Oleh: Irma Meika Wati, Ramadhan Nofriyadi, Nada Aviza Karmelia……….. 229 Eksplorasi Etnomatematika pada Kain Adat Suku Dawan. Oleh: Antonius Taeki Elu, Fitria Sulistyowati……………………………………………………………………………………………………… 239 Systematic Literature Review (SLR): Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Model Contextual Teaching and Learning Bernuansa Etnomatematika Ditinjau dari Self-Efficacy. Oleh: Theresia Vinanda Novitasari, Amara Sweetya Aulia, Amanda Putri Meirani………………………………….……. 247 Studi literatur: Penggunaan Media Scratch terhadap Minat Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Oleh: Anti Imarotun Nisa, Rafik Abdullah, Rahmawati Kusuma Wardani………….. 257 Penerapan Model PBL, Pendekatan RME dan Media Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Oleh: Hasan Fadlurrohman, Ani Nor Aida, Chitra Ayu Nevtianingsi……………………………………………………………………………………………………... 265 Systematic Literature Review: Efektivitas Challenge Based Learning Terintegrasi STEM dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Oleh: Al Ana Maisaroh, Nanda Akmala Fauzi, Uswatul Khasanah……………………………………………………………………………………………... 275 Peranan Model Pembelajaran Problem-Based Learning Bernuansa Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Oleh: Nur Ivo Karina Zuhri, Riski Agustina, Winda……………………………………………………………………………………………………………. 283 Studi Literatur: Kemampuan Literasi Matematika dalam Pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Oleh: Berlian Disi Prasetya, Indana Ainurrohmah, Indhika Hanafiatul Aisyah………..……. 291 Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Aplikasi Lectora Inspire pada Kelas VII untuk Materi Segiempat. Oleh: N. Farikha, Sayyidatul Karimah………………………………. 299 Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Kretek Bantul pada Materi Aljabar. Oleh: Iif Khorifah, Zainnur Wijayanto, Fitria Sulistyowati……………………………………….... 309 Peran Orang Tua terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII pada Masa Pandemic. Oleh: Ana Widiyana, Sayyidatul Karimah………………………………………………………………….... 317 Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Math Trails. Oleh: Nabila Dafina Putri, Zalsabila Yanuarriska Putri, Deby Mardikaningsih………………………………………………………………………………………………….. 323 ntegrasi Matematika Bangun Ruang Prisma Segitiga untuk Siswa Berpikir Kritis. Oleh: Adi Satrio Ardiansyah, Iqbal Maulana Putra, Muhammad Ikhwan……………………………………………………. 331 Pembelajaran Etnomatematika, Aplikasi Math City Map untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Oleh: Inez Anggraini, Gea Dianara Chikita, Sayyida Adelia Febrianti…………. 339 Analisis Kebutuhan Inovasi Pembelajaran Berupa Media Pembelajaran Matematika pada Siswa SMP Guna Meningkatkan Literasi Numerasi. Oleh: Mita Adilla Kania, Muhammad Reza Faza, Roro Eka Nuryanti, Lailatul Izzati, Henny Martha Rini………………………………………………………….… 347 Kajian Literatur tentang Penerapan Model Pembelajaran Core terhadap Pemahaman Konsep Matematis. Oleh: Ari Widyanti………………………………………………………………………………… 355 Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Persoalan Matematika Menurut Teori Watson. Muhamad Khoirul Fuad, Dewi Azizah…………………………………………………………………………………….. 365 Integrasi Computational Thinking dalam Pembelajaran Matematika di Era Society 5.0. oleh: Lilis Puspitasari, Imam Taukhit, Mei Setyarini……………………………………………………………………. 373 Kemampuan Representasi Matematis dan Efikasi Diri Siswa pada Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra. Oleh: Arneta Nur Hapsari, Ridho Widiwaksono, Risma Choirunisa………….. 381 Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Hots Materi Barisan dan Deret. Oleh: Nayla Ziva Salvia, Fadya Putri Sabrina, Roro Eka Nuryanti, Sekar Kinasih, Nurina Hidayah…………………………………………………………………………………………………. 391 Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX Mts Negeri 1 Pekalongan. Oleh: Feni Fitriyani, Amalia Fitri…………………………….. 403 Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Angklung dalam Pembelajaran Matematika. Oleh: Fika Luthfia Sari, Nurul Husna Mustika Sari, Milah Auliya, Eka Damayanti, Miftakhur Rizqoh……………... 409 Analisis Kesulitan Siswa Kelas Tinggi Memecahkan Masalah Matematika dalam Materi Geometri Bangun Datar Ditinjau dari Teori Van Hiele. Oleh: Inggit Irenewati, Laely Noor Aulya, Annisa Luthfia Rahma, Salis Hadiana Putri…………………………………………………………………………………… 417 Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Oleh: Achmad Syaifuddin, Sayyidatul Karimah, Dewi Mardhiyana…………………… 427 Penggunaan Model Cooperative Learning Teams Games Tournaments (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa Era Society 5.0. Oleh: Fathi Risqullah, Yani Pratiwi, Uswatun Hasanah, Arina Manasikana, Sayyidatul Karimah…………………………………………………………………………….. 435 Analisis Kecemasan Belajar Siswa Kelas VIID SMP Negeri 2 Wiradesa pada Pembelajaran Matematika. Oleh: Kristiyaningsih, Fatma Meisa Pertiwi, Farra Aulia Rahmayanti, Sayyidatul Karimah………………………………………………………………………………………………………….. 447 Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Pythagoras dengan Software Desmos. Oleh: Hilaria Yesieka Ayu Wulandari, Tatag Yuli Eko Siswono…………... 455 Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Ms. Excel. Oleh: Kunafaah, Tatag Yuli Eko Siswono…………………………………………………………………………... 465 Analisis Butir Soal Pilihan Ganda pada Materi PLSV Dan PTLSV Siswa SMP Negeri 2 Wiradesa. Oleh: Neko Rossa Regeta, Relix Chintya Fika Nurilah, Jamine Ayungi Sujadi, Muhammad Irfan Khaerullah, Sayyidatul Karimah………………………………………………………………………………. 473 Pengembangan Buku Ajar Berbasis Etnomatematika pada Arsitektur Masjid Agung Demak terhadap Materi Segi Empat Dan Segitiga. Oleh: Asmaul Kusna………………………………………… 481 Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika terhadap Keterampilan 4C. oleh: Dea Rahmawati, Alya Khoirunnisa, A’isyah Sekarsari 489 Pengembangan E-Comic Matematika Bermuatan Etnomatematika Kabupaten Klaten pada Materi 499 Aritmetika Sosial. Oleh: Luthfiyah Khairunnisa, Adi Satrio Ardiansyah, Hery Sutarto………………….. Kemampuan Siswa SD Kelas 6 dalam Menggunakan Geogebra Untuk Menentukan Volume Balok. Oleh: Wahyu Kartikawati………………………………………………………………………………………. 509 Studi Literatur: Model Pembelajaran Cooperative Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran Matematika. Oleh: Khamdanah, Fadya Putri sabrina, Jihan Salma Nabila……………………………………………………………………. 517 Studi Literatur: Literasi Digital Sebagai Dasar dari Kompetensi Pedagogik pada Calon Guru Matematika di Era Society 5.0. Oleh: Alfiatul Fahkiroh, Dwi Putri Fatmawati, Sari Risqi Amalia……... 529 Kesiapan Perguruan Tinggi dalam Mendidik Calon Guru Matematika untuk Mengajar di Era Society 5.0. Oleh: Mohamad Riyan Hidayat, Moh Irvansyah, Siska Ayu Melati………………………………... 539 Pengaruh Tes Awal Bermodelkan Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Geogebra terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah. Oleh: Rio Aji Bimantoro, Tia Puspita Dewi, Faiza Amelia Fadila…………………………………………………………………………………………………… 547 Eksplorasi Etnomatematika Permainan Ular Tangga pada Pembelajaran Matematika. Oleh: Shofia Elfadda Luqnia, Lailatuz Zahara, Kemuning Tria Ananda, Ahmad Faridh Ricky Fahmy………………. 553 Penguatan Matematika Belief Melalui Model Konstruktivisme Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Era Society 5.0. Oleh: Ismilah Maula, Atina Himma Su’aida, Nayla Ziva Salvia…………….. 559 Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI pada Materi Refleksi. Oleh: Muhammad Arroqil Ilmi………………………………………………………………………………………… 565 Analisis Tingkat Pemahaman Siswa dalam Berpikir Kreatif terhadap Materi Persamaan Kuadrat dengan Bantuan Geogebra. Oleh: Wulan Puspitasari…………………………………………………….. 573 Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal SPLDV Berbantuan Software Geogebra Berdasarkan Kemampuan Awal. Oleh: Wuri Indah Murwaningsih……………….. 585 Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Topik Geometri Berbantuan Software Geogebra. Oleh: Aniskurnia Rahmadhani Fajerin……………………….……….. 597 Praktikalitas Buku Ajar Statistika Non Parametrik dengan Software R untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Oleh: Muhammad Taqwa……………………………………………………………… 605 Penerapan Metode Etnomatematika pada Permainan Engklek sebagai Media Pembelajaran Materi Bangun Datar Matematika Jenjang Sekolah Dasar. Oleh: Yulia Ragili Yanti, Nur Eka Sari, Maulidina Azzahra………………………………………………………………………………………………………….. 611 Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Operasi Bentuk Aljabar. Oleh: Indah Ayu Rukmana, Fitria Sulistyowati …………………………………………………………………………………. 619 Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Permasalahan Bilangan Pangkat. Oleh: Firda Nur Istiqomah, Fitria Sulistyowati………………………………………………………………………………….629 Studi Literatur: Pengaruh Flipped Classroom pada Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Oleh: Wasianti Saputri………………………………………. 637 Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika di Kelas XII Multimedia SMK Muhammadiyah Doro. Oleh: Muhammad Abimanyu Fitrayanuar Gunawan, Muhamad Najibufahmi… 645 Pengaruh Motivasi terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. Oleh: Muhamad Fazri……………… 651 Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. Oleh: Andini Noviyanti………………………………………………………………. 659 Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar pada SMP Negeri 1 Ampelgading. Oleh: Williana, Nur Baiti Nasution………………………………………………… 667 Penerapan Learning Cycle E5 (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Oleh: Nur Ainun Lubis, Bettri Yistinaningrum…...……675
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Perpustakaan
Depositing User: Sdri Ayuk Kusumaningrum
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:12
Last Modified: 25 Jun 2024 04:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25031

Actions (login required)

View Item View Item