Additional Information: |
DAFTAR ISI
Sampul …………………………………………………………………………………………………………. i
Dewan Redaksi………………………………………………………………………………………………... ii
Daftar Isi………………………………………………………………………………………………………... iii
Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Adversity Quotient terhadap Prestasi Belajar Matematika.
Oleh: Ihwan Zulkarnain, Silvia Septhiani, Diah Oga Nusantari……………………….…...
1
Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep pada Materi Matriks Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa
Kelas XI SMK Ma’arif NU Doro. Oleh: Angga Arista, Sayyidatul Karimah…………..…………………...
13
Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap Motivasi dan Keberhasilan Belajar Matematika
bagi Siswa Sekolah Dasar. Oleh: Nur Vania Fitra, Lilik Maysuri Sari Dewanti, Adhy Rinasya Jati
……………………………………………………………………………………………………………………
25
Penerapan Ethnomatematika dalam Permasalahan Literasi Matematika Sekolah Dasar. Oleh:
Sapitri, Marhaen Evania, Meike Dwi Maharani, Desra Aulia……..……………………………………….
33
Mengatasi Miskonsepsi Membandingkan Nilai Pecahan Sederhana Kelas 3 SD Dengan Model PBL
Berbasis Teori Bruner. Oleh: Kartika Amalia, Urie Elmara Wijayasir, Hilda Kusumaningtyas,
Trimurtini……………………………………………………….……..…………………………………………
45
Pengembangan Buku Ajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel melalui Eksplorasi Kuliner Telur
Asin. Oleh: Manggar Inggita Karuna, Erna Fathika Sari, Adi Satrio Ardiansyah…….……...................
59
Pengembangan Buku Ajar dengan Pendekatan Etnomatematika Melalui Objek Nuwo Sesat dalam
Materi Bangun Datar. Oleh: Adi Satrio Ardiansyah, Alifya Putri Siswanti, Redwinda Aktari…………..
71
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK dengan Metode 3D pada Materi
Barisan dan Deret: Muhammad Reza Faza, Neko Rosa Regeta, Relix Chintya Fika Nurilah, Nurina
Hidayah………………………………………………………………………………………….………………
81
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Soal Matriks Berdasarkan
Langkah Polya. Oleh: Uswatun Hasanah, Khuzaeni Aulah Saniy, Sari Risqi Amalia, Nurina Hidayah,
Anggun Puspa Arumdani……………………………………………………………….…………
91
Single-Subject Research: Pengaruh Media Belajar Berbasis Tri-N terhadap Kemampuan Penalaran
Matematis. Oleh: Elfrida Yani, Fitria Sulistyowati, Maria Marfiani Tapo…………………………………
103
Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran
Discovery Learning dengan Media LKPD. Oleh: Siska Hanna Fidatul Syafitri, Fitria
Sulistyowati……………………………………………………………………………………………………...
115
Studi Literatur: Meningkatkan Kreativitas Guru Matematika dalam Kemampuan Pemecahan
Masalah Siswa dengan Model Pembelajaran PBL. Oleh: Chotimah Windiarti, Husna Ainun Najwa,
Rachel Golda Meilanda, Rizki Hanantri Ramadhan………………………………………………………..
123
Implementasi Pembelajaran Steam Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif
Matematis Siswa Sekolah Menengah. Oleh: Nilam Arum Setyaningsih, Farda Azkiya Billah, Linda
Kamelia………………………………………………………………………………………………………….
133
Strategi Pembelajaran Etnomatematika terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan
Karakter Rasa Ingin Tahu Berbantuan Geogebra. Oleh: Annisa Rahma Niar, Koimatul Chasanah,
Popy Nur Hikmah……………………………………………………………………………………………….
143
Literature Review: Efektivitas Aplikasi Wordwall pada Pembelajaran Matematika terhadap
Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Oleh: Alifia Sabila Al-qonita, Nadaa Utada Aliputri, Pusparani
Putri Kinasih…………………………………………………………………………………………………….
155
Studi Literatur: Model Pembelajaran PBL dan Metode Drill untuk Meningkatkan Kemampuan 163
Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Oleh: Desty Farida Azzahro, Hanna Illaya Salsabila, Yuyun
Nailatul Fitri……………………………………………………………………………………………………...
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Media Pembelajaran Matematika
Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa. Oleh: Muhammad Anwar, Lintang Rizqy Septiani, Nur
Khayatun……………………………………………………………………………………………………..….
177
Implementasi Hukum Kekekalan Volume Berdasarkan Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget.
Oleh: Egi Nugraha, Ita Soliha, Theressa Yolanda Angelina Hutagalung………………………..……….
185
Etnomatematika pada Kebudayaan Jawa dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Matematis
Siswa. Oleh: Alifia Sri Agustin, Mentari Sekarwati, Muhammad Asdi Elvistoni, Nur Tsani
Latifah…………………………………………………………………………………………………………….
195
Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Self Efficacy. Oleh: Nanik Nahlati,
Fitria Sulistyowati……………………………………………………………………………………………….
203
Pengaruh E-Modul Interaktif Berbasis Canva pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan
terhadap Siswa Minat Belajar Rendah. Oleh: Kholifah Dinnisa, Fitria Sulistyowati………………..…..
213
Studi Literatur: Efektivitas Model PBL Pendekatan STEM terhadap Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematika Peserta Didik. Oleh: Amanda Oky Viana, Deswita Nurrahma Alfatira, Hani
Rosyidah Hadiningsih…………………………………………………………………………………………..
221
Efektivitas Pembelajaran PBL dan Saintifik RME terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi
Matematika. Oleh: Irma Meika Wati, Ramadhan Nofriyadi, Nada Aviza Karmelia………..
229
Eksplorasi Etnomatematika pada Kain Adat Suku Dawan. Oleh: Antonius Taeki Elu, Fitria
Sulistyowati………………………………………………………………………………………………………
239
Systematic Literature Review (SLR): Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Model Contextual
Teaching and Learning Bernuansa Etnomatematika Ditinjau dari Self-Efficacy. Oleh: Theresia
Vinanda Novitasari, Amara Sweetya Aulia, Amanda Putri Meirani………………………………….…….
247
Studi literatur: Penggunaan Media Scratch terhadap Minat Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif
Matematis Siswa. Oleh: Anti Imarotun Nisa, Rafik Abdullah, Rahmawati Kusuma Wardani…………..
257
Penerapan Model PBL, Pendekatan RME dan Media Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Oleh: Hasan Fadlurrohman, Ani Nor Aida, Chitra Ayu
Nevtianingsi……………………………………………………………………………………………………...
265
Systematic Literature Review: Efektivitas Challenge Based Learning Terintegrasi STEM dalam
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Oleh: Al Ana Maisaroh, Nanda Akmala Fauzi,
Uswatul Khasanah……………………………………………………………………………………………...
275
Peranan Model Pembelajaran Problem-Based Learning Bernuansa Etnomatematika terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Oleh: Nur Ivo Karina Zuhri, Riski Agustina,
Winda…………………………………………………………………………………………………………….
283
Studi Literatur: Kemampuan Literasi Matematika dalam Pembelajaran PBL (Problem Based
Learning). Oleh: Berlian Disi Prasetya, Indana Ainurrohmah, Indhika Hanafiatul Aisyah………..…….
291
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Aplikasi Lectora Inspire pada
Kelas VII untuk Materi Segiempat. Oleh: N. Farikha, Sayyidatul Karimah……………………………….
299
Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Kretek Bantul pada Materi
Aljabar. Oleh: Iif Khorifah, Zainnur Wijayanto, Fitria Sulistyowati………………………………………....
309
Peran Orang Tua terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII pada Masa Pandemic.
Oleh: Ana Widiyana, Sayyidatul Karimah…………………………………………………………………....
317
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Masalah
Menggunakan Math Trails. Oleh: Nabila Dafina Putri, Zalsabila Yanuarriska Putri, Deby
Mardikaningsih…………………………………………………………………………………………………..
323
ntegrasi Matematika Bangun Ruang Prisma Segitiga untuk Siswa Berpikir Kritis. Oleh: Adi Satrio
Ardiansyah, Iqbal Maulana Putra, Muhammad Ikhwan…………………………………………………….
331
Pembelajaran Etnomatematika, Aplikasi Math City Map untuk Meningkatkan Kemampuan
Pemecahan Masalah. Oleh: Inez Anggraini, Gea Dianara Chikita, Sayyida Adelia Febrianti………….
339
Analisis Kebutuhan Inovasi Pembelajaran Berupa Media Pembelajaran Matematika pada Siswa
SMP Guna Meningkatkan Literasi Numerasi. Oleh: Mita Adilla Kania, Muhammad Reza Faza, Roro
Eka Nuryanti, Lailatul Izzati, Henny Martha Rini………………………………………………………….…
347
Kajian Literatur tentang Penerapan Model Pembelajaran Core terhadap Pemahaman Konsep
Matematis. Oleh: Ari Widyanti…………………………………………………………………………………
355
Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Persoalan Matematika Menurut Teori Watson. Muhamad
Khoirul Fuad, Dewi Azizah……………………………………………………………………………………..
365
Integrasi Computational Thinking dalam Pembelajaran Matematika di Era Society 5.0. oleh: Lilis
Puspitasari, Imam Taukhit, Mei Setyarini…………………………………………………………………….
373
Kemampuan Representasi Matematis dan Efikasi Diri Siswa pada Pembelajaran Berbasis Masalah
Berbantuan Geogebra. Oleh: Arneta Nur Hapsari, Ridho Widiwaksono, Risma Choirunisa…………..
381
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Hots Materi
Barisan dan Deret. Oleh: Nayla Ziva Salvia, Fadya Putri Sabrina, Roro Eka Nuryanti, Sekar Kinasih,
Nurina Hidayah………………………………………………………………………………………………….
391
Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis
Siswa Kelas IX Mts Negeri 1 Pekalongan. Oleh: Feni Fitriyani, Amalia Fitri……………………………..
403
Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Angklung dalam Pembelajaran Matematika. Oleh: Fika
Luthfia Sari, Nurul Husna Mustika Sari, Milah Auliya, Eka Damayanti, Miftakhur Rizqoh……………...
409
Analisis Kesulitan Siswa Kelas Tinggi Memecahkan Masalah Matematika dalam Materi Geometri
Bangun Datar Ditinjau dari Teori Van Hiele. Oleh: Inggit Irenewati, Laely Noor Aulya, Annisa Luthfia
Rahma, Salis Hadiana Putri……………………………………………………………………………………
417
Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa
Kelas VIII SMP. Oleh: Achmad Syaifuddin, Sayyidatul Karimah, Dewi Mardhiyana……………………
427
Penggunaan Model Cooperative Learning Teams Games Tournaments (TGT) terhadap Hasil
Belajar Siswa Era Society 5.0. Oleh: Fathi Risqullah, Yani Pratiwi, Uswatun Hasanah, Arina
Manasikana, Sayyidatul Karimah……………………………………………………………………………..
435
Analisis Kecemasan Belajar Siswa Kelas VIID SMP Negeri 2 Wiradesa pada Pembelajaran
Matematika. Oleh: Kristiyaningsih, Fatma Meisa Pertiwi, Farra Aulia Rahmayanti, Sayyidatul
Karimah…………………………………………………………………………………………………………..
447
Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Pythagoras
dengan Software Desmos. Oleh: Hilaria Yesieka Ayu Wulandari, Tatag Yuli Eko Siswono…………...
455
Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Ms. Excel. Oleh:
Kunafaah, Tatag Yuli Eko Siswono…………………………………………………………………………...
465
Analisis Butir Soal Pilihan Ganda pada Materi PLSV Dan PTLSV Siswa SMP Negeri 2 Wiradesa.
Oleh: Neko Rossa Regeta, Relix Chintya Fika Nurilah, Jamine Ayungi Sujadi, Muhammad Irfan
Khaerullah, Sayyidatul Karimah……………………………………………………………………………….
473
Pengembangan Buku Ajar Berbasis Etnomatematika pada Arsitektur Masjid Agung Demak
terhadap Materi Segi Empat Dan Segitiga. Oleh: Asmaul Kusna…………………………………………
481
Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran
Matematika terhadap Keterampilan 4C. oleh: Dea Rahmawati, Alya Khoirunnisa, A’isyah Sekarsari
489
Pengembangan E-Comic Matematika Bermuatan Etnomatematika Kabupaten Klaten pada Materi 499
Aritmetika Sosial. Oleh: Luthfiyah Khairunnisa, Adi Satrio Ardiansyah, Hery Sutarto…………………..
Kemampuan Siswa SD Kelas 6 dalam Menggunakan Geogebra Untuk Menentukan Volume Balok.
Oleh: Wahyu Kartikawati……………………………………………………………………………………….
509
Studi Literatur: Model Pembelajaran Cooperative Learning dalam Meningkatkan Kemampuan
Berfikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran Matematika. Oleh: Khamdanah,
Fadya Putri sabrina, Jihan Salma Nabila…………………………………………………………………….
517
Studi Literatur: Literasi Digital Sebagai Dasar dari Kompetensi Pedagogik pada Calon Guru
Matematika di Era Society 5.0. Oleh: Alfiatul Fahkiroh, Dwi Putri Fatmawati, Sari Risqi Amalia……...
529
Kesiapan Perguruan Tinggi dalam Mendidik Calon Guru Matematika untuk Mengajar di Era Society
5.0. Oleh: Mohamad Riyan Hidayat, Moh Irvansyah, Siska Ayu Melati………………………………...
539
Pengaruh Tes Awal Bermodelkan Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Geogebra
terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah. Oleh: Rio Aji Bimantoro, Tia Puspita Dewi, Faiza
Amelia Fadila……………………………………………………………………………………………………
547
Eksplorasi Etnomatematika Permainan Ular Tangga pada Pembelajaran Matematika. Oleh: Shofia
Elfadda Luqnia, Lailatuz Zahara, Kemuning Tria Ananda, Ahmad Faridh Ricky Fahmy……………….
553
Penguatan Matematika Belief Melalui Model Konstruktivisme Guna Meningkatkan Prestasi Belajar
Siswa Di Era Society 5.0. Oleh: Ismilah Maula, Atina Himma Su’aida, Nayla Ziva Salvia……………..
559
Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI pada Materi Refleksi. Oleh:
Muhammad Arroqil Ilmi…………………………………………………………………………………………
565
Analisis Tingkat Pemahaman Siswa dalam Berpikir Kreatif terhadap Materi Persamaan Kuadrat
dengan Bantuan Geogebra. Oleh: Wulan Puspitasari……………………………………………………..
573
Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal SPLDV Berbantuan
Software Geogebra Berdasarkan Kemampuan Awal. Oleh: Wuri Indah Murwaningsih………………..
585
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Topik Geometri
Berbantuan Software Geogebra. Oleh: Aniskurnia Rahmadhani Fajerin……………………….………..
597
Praktikalitas Buku Ajar Statistika Non Parametrik dengan Software R untuk Menumbuhkan Motivasi
Belajar Mahasiswa. Oleh: Muhammad Taqwa………………………………………………………………
605
Penerapan Metode Etnomatematika pada Permainan Engklek sebagai Media Pembelajaran Materi
Bangun Datar Matematika Jenjang Sekolah Dasar. Oleh: Yulia Ragili Yanti, Nur Eka Sari, Maulidina
Azzahra…………………………………………………………………………………………………………..
611
Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Operasi Bentuk Aljabar. Oleh: Indah Ayu
Rukmana, Fitria Sulistyowati ………………………………………………………………………………….
619
Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Permasalahan Bilangan Pangkat. Oleh: Firda Nur
Istiqomah, Fitria Sulistyowati………………………………………………………………………………….629
Studi Literatur: Pengaruh Flipped Classroom pada Pembelajaran Matematika terhadap
Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. Oleh: Wasianti Saputri……………………………………….
637
Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika di Kelas XII Multimedia SMK
Muhammadiyah Doro. Oleh: Muhammad Abimanyu Fitrayanuar Gunawan, Muhamad Najibufahmi…
645
Pengaruh Motivasi terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. Oleh: Muhamad Fazri……………… 651
Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap Kemampuan
Pemahaman Konsep. Oleh: Andini Noviyanti……………………………………………………………….
659
Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar pada SMP
Negeri 1 Ampelgading. Oleh: Williana, Nur Baiti Nasution…………………………………………………
667
Penerapan Learning Cycle E5 (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation)
terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Oleh: Nur Ainun Lubis, Bettri Yistinaningrum…...……675 |