Etika Jurnalistik Dalam Pemberitaan Kasus Pelecehan Seksual Di Media Online Tribun Jateng (Menurut Prinsip Teori Pers Tanggung Jawab Sosial)

Sarah, Halida (2024) Etika Jurnalistik Dalam Pemberitaan Kasus Pelecehan Seksual Di Media Online Tribun Jateng (Menurut Prinsip Teori Pers Tanggung Jawab Sosial). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SARAH FINISH BGT- - Copy (2)-1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Diketahui bahwa Revenge porn, atau pornografi balas dendam, merujuk pada tindakan menyebarkan atau membagikan materi gambar atau video seksual seseorang tanpa izin mereka, dengan tujuan untuk membalas dendam atau merendahkan korban. Ini adalah bentuk pelecehan digital yang serius dan dapat memiliki dampak psikologis dan emosional yang signifikan pada korban maka alasan tersebut, penelitian etika jurnalistik dalam pemberitaan kasus pelecehan seksual di media online dengan menggunakan media online TribunJateng New dapat memberikan gambaran yang lebih komprehensif dan mendalam tentang penerapan prinsip-prinsip teori pers tanggung jawab sosial dalam pemberitaan kasus pelecehan seksual di media online. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi dan menganalisis etika jurnalistik yang diterapkan pada pemberitaan tentang kekerasan seksual terhadap perempuan yang terbit pada Tribun Jateng pada kurun waktu 1 Januari 2023 sampai 12 April 2023. Peneliti menggunakan jenis penelitian pustaka yang bersumber pada artikel pemberitaan di Tribun Jateng menggunakan pendekatan kualitatif dan data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik Miles and Huberman yakni; 1) data display; 2) data reduction; 3) verification; dan 4) conclusion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1)Masih terdapat kecenderungan untuk menekankan aspek fisik atau identitas tersangka daripada informasi yang lebih relevan terkait dengan kasus pemerkosaan. Walaupun demikian, Tribun Jateng masih memperhatikan prinsip-prinsip etika jurnalistik yang didefinisikan oleh Dewan Pers, memberikan informasi yang akurat, relevan, dan penting mengenai peristiwa yang terjadi; 2) Diperlukan perbaikan lebih lanjut untuk memastikan kepatuhan terhadap standar etika jurnalistik yang lebih tinggi. Meskipun begitu, kedua media tersebut menunjukkan komitmen terhadap praktik jurnalisme yang etis dan bertanggung jawab secara keseluruhan, serta berkontribusi dalam membangun pemberitaan yang berkualitas dan bertanggung jawab terkait dengan kasus pelecehan seksual; 3) Dalam pemberitaannya, Tribun Jateng telah melakukan verifikasi data dan juga berorientasi pada kepentingan umum, namun dengan tetap menghormati privasi korban. Dengan demikian Tribun Jateng telah menunjukkan penerapan etika jurnalistik yang sesuai dengan teori pers tanggung jawab sosial, yang membantu memastikan keakuratan, kekomprehensifan, keseimbangan, dan tanggung jawab dalam pemberitaan tersebut. Kata Kunci: Etika Jurnalistik, Kekerasan Seksual, Tribun Jateng

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sdri Sarah Halida
Date Deposited: 24 Jun 2024 02:27
Last Modified: 24 Jun 2024 02:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25017

Actions (login required)

View Item View Item