KONSEP MATEMATIKA SEKOLAH PADA HUKUM WARIS ISLAM

Inayatun, Latifah Imtihanah (2024) KONSEP MATEMATIKA SEKOLAH PADA HUKUM WARIS ISLAM. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
INAYATUN LATIFAH IMTIHANAH_KONSEP MATEMATIKA SEKOLAH PADA HUKUM WARIS ISLAM.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Hukum waris Islam adalah seperangkat aturan tentang pembagian harta seorang muslim yang telah meninggal dunia yang berlandaskan Al-Qur’an dan Hadits Nabi. Matematika memiliki peran penting dalam implementasi hukum waris Islam untuk memastikan bahwa pembagian harta waris dilakukan secara tepat dan adil sesuai dengan ajaran agama. Maka, dari hal tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Konsep Matematika Sekolah pada Hukum Waris Islam”. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana konsep matematika digunakan dalam hukum waris Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Yaitu sebuah penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber literatur. Untuk memfokuskan pembahasan, peneliti membatasi penelitian ini yaitu fokus pada pelaksanaan pembagian harta waris sesuai dengan hukum waris Islam ajaran patrilineal Syafi’i. Setelah dilakukan analisis, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat konsep matematika sekolah yang digunakan dalam hukum waris Islam yaitu konsep Himpunan, Bilangan asli, Pecahan, KPK, FPB, dan perbandingan. Pemahaman yang mendalam pada konsep-konsep matematika dalam hukum waris Islam dapat memberikan pengetahuan baru tentang aplikasi matematika dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hukum Waris Islam, Konsep, Matematika sekolah
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Inayatun Latifah Imtihanah sdri
Date Deposited: 21 Jun 2024 03:07
Last Modified: 21 Jun 2024 03:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24983

Actions (login required)

View Item View Item