PEMBELAJARAN DARING MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH SIDABOWA KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS

DIAN, PUTRI AYUNINGTYAS (2024) PEMBELAJARAN DARING MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH SIDABOWA KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Dian Putri Ayuningtyas_Pembelajaran Daring Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning dalam Pembelajaran Tematik Kelas V Di MI Muhammadiyah Sidabowa Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendekatan Contextual Teaching And Learning pada pelaksaan pembelajaran tematik secara online merupakan upaya guru untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik dengan menghubungkan materi pembelajaran dengan konteks kehidupan nyata mereka. Suasana belajar yang berbeda pada proses pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pembelajaran daring melalui pendekatan contextual teaching and learning dalam pembelajaran tematik kelas V. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif.Lokasi yang diteliti adalah MI Muhammadiyah Sidabowa Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran daring dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning dalam pembelajaran tematik kelas V di MI Muhammadiyah Sidabowa melalui teknik pengumpulan data serta mengelola dan menganalisis data dan diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan aplikasi Whatsapp,Video Call dan Google Formuntuk materi pembelajaran guru membuatkan Power Point. Didalam pelaksanaan pembelajaran tersebut guru memberikan materi dan siswa menyimak dengan bantuan buku pendamping siswa. Sedangkan untuk tugas guru biasanya menyuruh siswa untuk mengerjakan google form atau siswa disuruh untuk melakukan pembuat video yang berkaitan dengan materi pembelajaran dan konteks kehidupan nyata mereka. Keterbatasan guru dapat dilihat dari tercapainya tujuan pembelajaran yang dibuktikan dengan hasil belajar, sebab pelaksanaan pembelajaran online tanpa tatap muka antara guru dan siswa membuat guru tidak bisa mengawasi siswa didalam proses pembelajaran maupun saat siswa mengerjakan tugas sehingga hasil belajar masih belum bisa dikatakan murni dari hasil siswa yang mengerjakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Tematik.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: DIAN PUTRI AYUNINGTYAS sdri
Date Deposited: 20 Jun 2024 01:31
Last Modified: 20 Jun 2024 01:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24967

Actions (login required)

View Item View Item