IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN HOME VISIT DI TK MIFTAHUL HUDA RUNGKANG KECAMATAN LOSARI KABUPATEN BREBES

Anis, Fauziah (2024) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN HOME VISIT DI TK MIFTAHUL HUDA RUNGKANG KECAMATAN LOSARI KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ANIS FAUZIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan implementasi pembelajaran Home Visit di TK Miftahul Huda Rungkang. Bentuk penelitian ini mengunakan penelitian jenis lapangan (field research) penelitian dapat dilakukan langsung di lokasi yang sudah ditentukan dengan tujuan lebih mempermudah dan jelas mengenai situasi yang sedang terjadi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode kualitatif adalah metode suatu analisa yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisahkan menurut kategori untuk mendapatkan kesimpulan yang tepat. Kemudian penelitian deskriptif adalah penelitian yang dimaksudkan untuk menyelidiki keadaan, kondisi atau hal lain-lain yang sudah disebutkan, yang hasilnya akan dipaparkan dalam bentuk laporan. Obyek penelitian adalah 1 tenaga pendidik dan 20 peserta didik TK Miftahul Huda Rungkang Kecamatan Losari Kabupaten Brebes. Melalui metode pembelajaran Home Visit mampu mengoptimalkan pembelajaran sedikit kondusif dengan kondisi yang mengkhawatirkan untuk tatap muka. TK Miftahul Huda Rungkang telah mengimplementasikan metode pembelajaran Home Visit sejak Covid-19 melanda. Pada tanggal 8 Juli 2020 pengawas pusat telah mensosialisasikan surat edaran atau surat keputusan bersama (SKB). Sejak pandemi berlangsung tidak diperbolehkan pembelajaran tatap muka, hal ini yang mengarahkan kami berpindah menggunakan metode pembelajaran Home Visit. Sebelumnnya keputusn menggunakan metode Home Visit ini juga sudah dibicarakan dengan walimurid, dalam artian sudah ada ijin terlebih dahulu. Metode pembelajara Home Visit berlangsung, dengan waktu satu minggu hanya diambil tiga hari dengan waktu satu jam perharinya. Dari 20 siswa dibagi menjadi tiga kelompok. Dengan tujuan mempermudah proses pembelajaran, pembelajaran Home Visit berjalan dengan semestinya dikediaman siswa secara bergantian. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meode pembelajaran Home Visit dapat membantu proses pembelajaran anak dapat berjalan dengan semestinya. Dengan dukungan guru dan wali murid anak mendapatkan hak nya sebagai pelajar yaitu dapat belajar dengan metode Home Visit. Kata kunci: Implementasi, metode pembelajaran Home Visit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, metode pembelajaran Home Visit.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Anis Fauziah sdri
Date Deposited: 19 Jun 2024 02:06
Last Modified: 19 Jun 2024 02:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24955

Actions (login required)

View Item View Item