PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PENGETAHUAN, DAN PROMOSI MELALUI MINAT TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH MENABUNG DI BANK SYARIAH

DIAN, APRIANI (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PENGETAHUAN, DAN PROMOSI MELALUI MINAT TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH MENABUNG DI BANK SYARIAH. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Dian Apriani_Tesis_091157.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Bank syariah merupakan lembaga keuangan yang berfungsi memperlancar mekanisme ekonomi di sektor riil melalui aktivitas kegiatan usaha (investasi, jual beli, atau lainnya) berdasarkan prinsip syariah, yaitu aturan perjanjian berdasarkan hukum islam antara bank dan atau pembiayaan kegiatan usaha, atau kegiatan lainnya yang dinyatakan sesuai dengan nilai-nilai syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, pengetahuan, dan promosi melalui minat terhadap keputusan nasabah memilih menabung di bank syariah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan aplikasi SEM-PLS. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP. Karangkobar per Desember 2022 yaitu sebanyak 41.416 nasabah, dengan pengambilan sampel sebanyak 100 nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat tidak mampu memediasi hubungan antara kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah memilih menabung di BSI KCP. Karangkobar Purwokerto dengan nilai Tstatistik indirect effect sebesar 1,084 < Ttabel 1,985. Namun, Minat mampu memediasi hubungan antara pengetahuan terhadap keputusan nasabah memilih menabung di BSI KCP. Karangkobar Purwokerto dengan nilai Tstatistik indirect effect sebesar 2,831 > Ttabel 1,985. Serta minat mampu memediasi hubungan antara promosi terhadap keputusan nasabah memilih menabung di BSI KCP. Karangkobar Purwokerto dengan nilai Tstatistik indirect effect sebesar 2,675 > Ttabel 1,985.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Pengetahuan, Promosi, Minat, Keputusan Nasabah
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Pascasarjana > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dian Apriani sdri
Date Deposited: 19 Jun 2024 02:00
Last Modified: 19 Jun 2024 02:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24952

Actions (login required)

View Item View Item