PERAN GURU DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING DI KELAS 1 MI MUHAMMADIYAH LINGGAPURA KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES

MUSFIDAH, MAWARDAH (2024) PERAN GURU DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING DI KELAS 1 MI MUHAMMADIYAH LINGGAPURA KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MUSFIDAH MAWARDAH_PERAN GURU DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING DI KELAS 1 MI MUHAMMADIYAH LINGGAPURA KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREBES.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perilaku bullying adalah suatu tindak merugikan orang lain dengan mengganggu secara sengaja dan sadar bermaksud untuk melukai ataupun mengancam. Pelaku bullying dilakukan oleh individu atau kelompok yang memiliki kekuatan mental dan kekuatan fisik dengan mengganggu seseorang yang terlihat lemah yang tidak memiliki kekuatan fisik dan mental. Kasus bullying dapat terjadi dimana saja tanpa pandang umur, jenis kelamin dan dapat dilakukan dimana saja termasuk di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perilaku bullying pada siswa kelas 1 di MI Muhammadiyah Linggapura, faktor yang melatarbelakangi perilaku bullying yang terjadi di kelas I MI Muhammadiyah Linggapura. Untuk mengetahui apa dampak yang ditimbulkan dari perilaku bullying siswa kelas I di MI Muhammadiyah Linggapura, serta Untuk mengetahui bagaimana cara guru dalam mengatasi perilaku bullying pada siswa kelas 1 di MI Muhammadiyah Linggapura. Metode penelitian ini menggunakan Kualitatif dengan tujuan untuk memperoleh data dan informasi terkait penelitian dengan mengamati peran guru dalam mengatasi perilaku Bullying terhadap siswanya. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi,wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian kali ini adalah lembar wawancara. Hasil penelitian ini: terdapat bentuk perilaku bullying yaitu bullying secara verbal, fisik, rasional dan psikologis/ mental. Faktor penyebab terjadinya perilaku bullying yaitu faktor keluarga, sekolah, teman sebaya, lingkungan sekolah, dan faktor tayangan televisi. Terdapat dampak yang ditimbulkan dari perilaku bullying yaitu bagi pelaku bullying, bagi korban bullying dan yang melihat perilaku bullying. Cara guru dalam mengatasi bullying yaitu dengan pemanggilan dan pembinaan pelaku dan korban, pemberian hukuman mendidik, pemberian surat panggilan orang tua, pemberian kelas khusus, melakukan sosialisasi, memberikan peringatan hukuman dan memberikan materi pembelajaran yang menarik. Peran guru dalam mengatasi perilaku bullying yaitu dengan menjadi demontrator, pengelola kelas, mediator dan fasilitator, dan pemberian motivator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru, Peran Guru, Bullying
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Musfidah Mawardah sdri
Date Deposited: 14 Jun 2024 07:17
Last Modified: 14 Jun 2024 07:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24936

Actions (login required)

View Item View Item