PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTING CLASS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI KELAS III SD ISLAM PLUS MASYITHOH

SHOKHA, ISMAYUNI (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTING CLASS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI KELAS III SD ISLAM PLUS MASYITHOH. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SHOKHA ISMAYUNI_PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTING CLASS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI KELAS III SD ISLAM PLUS MASYITHOH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran outing class merupakan sebuah pembelajaran yang dilakukan diluar kelas maupun di luar sekolah yang masuk kedalam salah satu program pembelajaran yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar kepada peserta didik dengan melibatkan secara langsung lingkungan alam skitar untuk dijadikan sumber belajar. Kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan menyegarkan suasana dalam pembelajaran yang akan membangun suasana nyaman dalam proses belajar mengajar. Dengan rasa nyaman tersebut akan muncul semangat atau motivasi belajar siswa untuk mempermudah dalam pencapaian tujuan dari belajar peserta didik menjadi lebih maksimal. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran outing class terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran PAI. Pada mata pelajaran PAI di kelas III didalamnya banyak memuat teori-teori yang membuat suasana dalam pembelajaran menjadi monoton yang membuat peserta didik semangat dalam belajarnya menurun. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan dara penelitian ini yaitu dengan instrumen angket/kuisioner, wawancara dan dokumentasi. dalam penelitian metode yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan kelas control dan eksperimen. Hasil pada penelitian ini yaitu telah diperoleh nilai/skor pada korelasi R sebesar 0,748 dan pada presentase pengaruh variabel terikat yang disebut koefisien determinasi sebesar 0,519 yang berarti pengaruh metode pembelajaran outing class terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran PAI kelas III SD Islam Plus Masyithoh Kroya sebesar 51,9% yang mempunyai sisa sebesar 48,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam fokus penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: etode pembelajaran outing class, motivasi belajar, PAI
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Shokha Ismayuni sdri
Date Deposited: 19 Jun 2024 01:41
Last Modified: 19 Jun 2024 01:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24932

Actions (login required)

View Item View Item