KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA MAHASISWA PERANTAU (Studi Adaptasi Interaksi Pada Ikatan Keluarga Mahasiswa Sumatera di UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto)

Imam Nur, Mahmudi (2024) KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA MAHASISWA PERANTAU (Studi Adaptasi Interaksi Pada Ikatan Keluarga Mahasiswa Sumatera di UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Imam Nur Mahmudi_KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA MAHASISWA PERANTAU ( Analisis Adaptasi Interaksi Pada Ikatan Keluarga Mahasiswa Sumatera UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto ).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perbedaan budaya bisa menjadi hambatan dalam berkomunikasi dengan adanya kesalahan persepsi disetiap individu. Bagi orang-orang yang baru keluar dari tempat nyamannya yaitu daerah asalnya, mereka akan cukup sulit dalam menyesuaikan diri dilingkungan yang baru, hal ini juga sering dialami mahasiswa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto asal Sumatra. Berdasarkan pernyataan tersebut, maka dalam penelitian ini bermaksud untuk mengetahui Komunikasi Antar Budaya Mahasiswa Perantau Studi Adaptasi Interaksi Pada Ikatan Keluarga Mahasiswa Sumatera di UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, dan Fase-Fase Adaptasi Interaksi Budaya Yang Terjadi Pada Penyesuaian Diri Mahasiswa Perantau Asal Sumatra Di UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research), peneliti melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi antar budaya termasuk didalamnya adaptasi komunikasi yang mencakup tiga tahapan adaptasi yaitu konvergensi, divergensi, akomodasi berlebihan. Peneliti juga menggunakan teori adaptasi interaksi budaya memiliki empat fase yaitu Honeymoon, Frustation, Readjustment, Resolution. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa dalam adaptasi komunikasi terlihat para informan cenderung memilih konvergensi sebagai tindakan yang mereka ambil, mereka lebih berusaha menyesuaikan dirinya di tempat mereka merantau. Sedangkan pada teori adaptasi interaksi budaya penyesuaian diri para informan sudah menerapkan fase- fase Honeymoon, Frustation, Readjustment, Resolution. Dalam adaptasinya setiap perantau memiliki hasil yang berbeda, baik dalam proses adaptasi, maupun cara adapatasi yang dipilih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Antar Budaya, Mahasiswa Perantau, Adaptasi
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sdr Imam Nur Mahmudi
Date Deposited: 13 Jun 2024 06:28
Last Modified: 13 Jun 2024 06:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24926

Actions (login required)

View Item View Item