PENGGUNAAN PERMAINAN TRADISIONAL KUCING-KUCINGAN)DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI PAUD SYAFIRA TEGALAOS TONJONG.

Eka, Putri Hidayati (2024) PENGGUNAAN PERMAINAN TRADISIONAL KUCING-KUCINGAN)DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI PAUD SYAFIRA TEGALAOS TONJONG. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Eka Putri Hidayati_ Penggunaan Permainan Tradisional Kucing-kucingan dalam Menumbuhkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini di Paud Syafira Tegalaos Tonjong.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mengenai tujuan yang hendak dicapai melalui penelaahan ini yakni guna mendeskripsikan pembentukan keterampilan sosial anak usia dini melalui kegiatan permainan kucing-kucingan di Paud Syafira Dukuh Tegallaos, Desa Karangjongkeng, Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Filed Research) yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung pada lokasi yang untuk memperoleh data-data yang terkait dengan penelitian yang dilakukan. Pada penelitian ini digolongkan kedalam penelitian deskrptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi Pada analisis data menggunaan reduksi data, display data, verifikasi data. Keterampilan sosial merupakan kemampuan yang membutuhkan pengetahuan dan latihan untuk dapat melakukan kegiatan bermasyarakat dengan baik. Oleh karena itu kegiatan permainan kucing-kucingan dapat membuat kontak dengan lingkungan sosialnya, hubungan dengan orang dewasa, hubungan dengan teman sebaya dan pada umur 3-4 tahun anak sudah mulai bermain dan juga sudah mengobrol sambil berbicara. Hal ini bisa dilihat ketika anak bisa berinteraksi dan berkomunikasi dengan sesama temannya. Hasil penelitian ini berupa kajian atau analisis yang peneliti lakukan maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain kucing-kucingan dapat menumbuhkan keterampilan sosial anak usia dini. Bagi guru hasil penelitian ini diharapkan guru agar dapat mengembangkan kegiatan belajar mengajar yang lebih kreatif memotivasi anak untuk meningkatkan dalam pembentukan keterampilan sosial anak usia dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Sosial, Permainan Kucing-kucingan, Anak Usia Dini.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Eka Putri Hidayati sdri
Date Deposited: 13 Jun 2024 04:19
Last Modified: 13 Jun 2024 04:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24920

Actions (login required)

View Item View Item