PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TRANSINTERNAL DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs MA'ARIF NU 1 KEMRANJEN BANYUMAS

NUR FAJRIATI, RAMADANI (2024) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TRANSINTERNAL DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs MA'ARIF NU 1 KEMRANJEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nur Fajriati Ramadani_Penerapan Strategi Pembelajaran Transinternal Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTs Ma'arif NU 1 Kemranjen Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan di Indonesia saat ini terlihat lebih fokus pada aspek kecerdasan kognitif. Sedangkan seperti kepribadian, pengendalian diri, tanggung jawab, akhlak mulia tampaknya terlepas dari perhatian. Hal tersebut membuat kualitas pendidikan di Indonesia semakin menurun. Salah satu cara dalam mengatasi masalah tersebut yaitu dengan pembelajaran akidah akhlak yang memiliki peran penting dalam pembentukan perilaku seorang peserta didik. Strategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam penananaman nilai yaitu strategi pembelajaran transinternal yang merupakan membelajarkan nilai dengan melakukan transformasi nilai, transaksi nilai dan trasinternalisasi. Melalui strategi tersebut pembelajaran akidah akhlak di MTs Ma’arif NU 1 Kemranjen Banyumas menjadi lebih aktif dan menyenagkan. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana penerapan strategi pembelajaran transinternal dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs Ma’arif NU 1 Kemranjen Banyumas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi bagaimana penerapan strategi pembelajaran transinternal dalam pembelajaran akidah akhlak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitian kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran transinternal dalam pembelajaran akidah akhalak. Penelitian ini menggunakan analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahawa penerapan strategi pembelajaran transinternal dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs Ma’arif NU 1 Kemranjen Banyumas sudah dilakukan dengan baik, menggunakan tiga tahap yaitu pertama, tahap transformasi nilai dimana guru dalam pembelajaran lebih banyak menginformasikan nilai-nilai yang baik bagi siswa. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah dan metode nasehat, metode perhatian dan prngawasan. Kedua, tahap transaksi nilai yaitu guru dan siswa terlibat komunikasi secara aktif, melalui proses dialog antara guru dengan siswa. Metode pembelajaran yang dapat digunakan yaitu metode tanya jawab, diskusi, pemecahan masalah dll. Ketiga, tahap transinternalisasi yaitu penampilan guru dihadapan siswa bukan lagi sososk fisiknya, melainkan sikap mental dan kepribadiannya. Pada tahap ini pembentukan sikap melalui proses asimilasi atau mencontoh. Metode yang digunakan yaitu metode keteladanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Transinternal, Pembelajaran Akidah Akhlak
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Fajriati Ramadani sdr
Date Deposited: 13 Jun 2024 01:49
Last Modified: 13 Jun 2024 01:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24898

Actions (login required)

View Item View Item