ANALISIS HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN DAN TINGKAT KECEMASAN MATEMATIS BERDASARKAN LEVEL KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM

Febi, Pitianingsih (2024) ANALISIS HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN DAN TINGKAT KECEMASAN MATEMATIS BERDASARKAN LEVEL KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
FEBI PITIANINGSIH_ANALISIS HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN DAN TINGKAT KECEMASAN MATEMATIS BERDASARKAN LEVEL KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar kognitif matematika siswa dalam menyelesaikan soal uraian materi aljabar, menganalisis tingkat kecemasan matematis siswa, mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa, dan mendeskripsikan faktor penyebab kecemasan matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian mix methode, dengan melibatkan 30 siswa sebagai subjek penelitian yang mengikuti tes dan mengisi angket. Pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes untuk mengetahui hasil belajar kognitif matematika siswa dan instrumen angket untuk mengukur tingkat kecemasan matematis siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes tertulis, metode angket, dan metode wawancara. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis data menurut Milles & Huberman, yang terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan / verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melihat hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal yaitu pada level 1 (Low Order Thinking Skill) yang meliputi kemampuan mengingat (C1) dan memahami (C2) pada kategori tinggi 6,67%, kategori sedang 76,67%, dan kategori rendah 16,67%. Level 2 MOTS (Middle Order Thinking Skill) yang meliputi kemampuan mengaplikasikan (C3) pada kategori tinggi 16,67%, kategori sedang 70%, dan kategeori rendah 13,33%. Level 3 HOTS (High Order Thinking Skill) yang meliputi kemampuan menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6) pada kategori tinggi 13,33%, kategori sedang 73,33%, dan kategori rendah 13,33%. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa dibagi menjadi dua yaitu faktor internal: kurangnya pemahaman siswa terhadap materi aljabar, ketidaktertarikan siswa terhadap matematika, kurangnya kemampuan siswa dalam berhitung. Faktor eksternal diantaranya: suasana lingkungan kelas yang berisik dan ramai, teman lain bangku yang mencoba mengganggu siswa lain. Tingkat kecemasan matematis siswa tergolong tinggi dengan persentase ¬¬53,33%. Faktor penyebab kecemasan matematika siswa diantaranya 1) Kondisi situasi kelas yang berisik dan kurang kondusif, 2) Matematika memiliki banyak rumus, 3) Ketidakmampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Kata Kunci: Hasil Belajar kognitif, Kecemasan Matematis, Level Kognitif, Taksonomi Bloom

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil Belajar kognitif, Kecemasan Matematis, Level Kognitif, Taksonomi Bloom
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Febi Pitianingsih sdri
Date Deposited: 12 Jun 2024 01:47
Last Modified: 12 Jun 2024 01:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24875

Actions (login required)

View Item View Item