STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KULTUR KEAGAMAAN MELALUI HIDDEN CURRICULUM DI SMP MA’HAD DARUSSA’ADAH CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Friday, Pangestu (2029) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KULTUR KEAGAMAAN MELALUI HIDDEN CURRICULUM DI SMP MA’HAD DARUSSA’ADAH CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FRIDAY OCTAVIANA RAGIL PANGESTU_STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KULTUR KEAGAMAAN MELALUI HIDDEN CURRICULUM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Strategi Kepala Sekolah merupakan salah satu usaha dalam mencapai tujuan pendidikan dan dilakukan berdasarkan visi dan misi sekolah akan mencapai tujuan pendidikan yaitu membentuk perilaku dan kepribadian yang sesuai dengan ajaran agama Islam. Usaha dalam pembentukan kultur keagamaan dengan menerapkan hidden curriculum yang mengacu pada perubahan sikap siswa dan berorientasi pada ajaran-ajaran Ahlussunnah wal jamaah di sekolah. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam pembentukan kultur keagamaan melalui hidden curriculum di SMP Ma’had Darussa’adah cilongok Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, waktu, dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi kepala sekolah dalam pembentukan kultur keagamaan melalui hidden curriculum di SMP Ma’had Darussa’adah Cilongok sebagai berikut: Menciptakan kebijakan yang sesuai dengan visi, misi sekolah, Mengimplementasikan perwujudan kultur keagamaan yang efektif, pembudayaan dari kegiatan-kegiatan pmbiasaan , dan Melakukan evaluasi pada program yang dilaksanakan. Dalam proses ini hidden curriculum yang ada di SMP Ma’had Darussa’adah lebih dominan pada perubahan sikap dan berorientasi pada ajaran agama Islam yang mana ditunjukan agar mampu mempengaruhi sikap tingkah laku siswa. Hidden curriculum di SMP Ma’had Darussa’adah Cilongok dilakukan dengan menginternalisasikan nilai-nilai yang positif kepada peserta didik oleh pendidik. Penerapan hidden curriculum dengan pembiasaan secara harian, mingguan, dan tahunan bertujuan untuk membentuk kultur keagamaan. Kata Kunci: Hidden curriculum, Kultur keagamaan, Strategi kepala sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hidden curriculum, Kultur keagamaan, Strategi kepala sekolah
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
900 Geography and history > 906 Organizations and management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Friday Octaviana Ragil Pangestu sdri
Date Deposited: 12 Jun 2024 01:51
Last Modified: 12 Jun 2024 01:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24864

Actions (login required)

View Item View Item