Aurizan Himmi, Azhar (2024) MANAJEMEN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMK MA’ARIF NU 03 SIRAMPOG BREBES. Masters thesis, UIN Professor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Tesis_Aurizan Himmi Azhar_224120500040.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan karakter di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memainkan peran krusial dalam membentuk generasi muda yang berkualitas dan beretika. Dalam era globalisasi yang gejolak, kebutuhan akan siswa yang tidak hanya memiliki pengetahuan dan keterampilan teknis, tetapi juga nilai-nilai moral yang kuat, semakin mendesak. Artinya, pendidikan karakter tidak hanya mencetak siswa yang pandai akademik, tetapi juga membentuk kepribadian yang baik, berintegritas, dan mampu beradaptasi dengan perubahan zaman. Melalui program seperti profil pelajar Pancasila, sekolah dapat mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter, memastikan bahwa siswa tumbuh menjadi individu yang berkepribadian luhur, bermartabat, dan mampu berkontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara rinci perencanaan, perorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi program profil pelajar Pancasila di SMK Ma'arif NU 03 Sirampog dalam konteks penguatan pendidikan karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sedangkan, pendekatan yang digunakan adalah dengan pendekatan fenomenologis. Pendekatan fenomenologi dalam konteks penelitian ini memberikan kesempatan untuk mendalami aspek subjektif dari implementasi program pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Profil Pelajar Pancasila di SMK Ma'arif NU 03 Sirampog Brebes mendapat respon positif dari siswa, orang tua, dan guru. Sekolah menunjukkan komitmen yang kuat dalam perencanaan, organisasi, pelaksanaan, dan evaluasi program tersebut. Integrasi nilai-nilai Pancasila dalam seluruh aspek kehidupan sekolah, partisipasi aktif siswa dan guru, serta keterlibatan orang tua dan masyarakat mendukung terciptanya lingkungan belajar yang mendalam dan inklusif. Evaluasi berkala dan penyesuaian program berdasarkan umpan balik stakeholder mengindikasikan komitmen sekolah untuk meningkatkan efektivitas program secara berkelanjutan. Respons positif dari siswa, orang tua, dan guru terhadap program menunjukkan kesuksesan dalam membentuk karakter siswa dan memperkuat nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan. Implikasi penelitian ini menyoroti perlunya penguatan komunikasi antara sekolah, siswa, dan orang tua, serta pengembangan metode pembelajaran interaktif. Peran aktif orang tua, integrasi nilai Pancasila dalam kurikulum, dan pengembangan program di luar kelas juga penting untuk memperkuat pendidikan karakter di SMK Ma'arif NU 03 Sirampog Brebes.
Actions (login required)
![]() |
View Item |