PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN PENDIDIKAN KEUANGAN KELUARGA TERHADAP MANAJEMEN KEUANGAN PRIBADI DENGAN GAYA HIDUP SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Mahasiswa KIP Kuliah UIN SAIZU Purwokerto Angkatan 2020-2022)

Hasna, Lailia (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN PENDIDIKAN KEUANGAN KELUARGA TERHADAP MANAJEMEN KEUANGAN PRIBADI DENGAN GAYA HIDUP SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Mahasiswa KIP Kuliah UIN SAIZU Purwokerto Angkatan 2020-2022). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
HASNA LAILIA_PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN PENDIDIKAN KEUANGAN KELUARGA TERHADAP MANAJEMEN KEUANGAN PRIBADI DENGAN GAYA HIDUP SEBAGAI VARIABEL MODERASI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Manajemen keuangan pribadi sangat penting untuk menjaga kesejahteraan seseorang dalam jangka panjang, karena mengajarkan seseorang agar dapat membuat keputusan yang bijak dalam keuangan. Pengetahuan dan pemahaman tentang keuangan pribadi juga diperlukan setiap individu untuk secara optimal dapat menggunakan jasa serta produk-produk keuangan yang tepat. Bagi mahasiswa penerima KIP Kuliah memahami manajemen keuangan pribadi sangat diperlukan guna mencegah penggunaan dana beasiswa KIP Kuliah untuk tujuan yang tidak tepat atau tidak efisien. Dalam penelitian ini, masalah utama yang dikemukakan adalah tentang bagaimana kemampuan mahasiswa KIP Kuliah dalam manajemen keuangan pribadi ditinjau dari literasi keuangan syariah, pendidikan keuangan keluarga, dan gaya hidup. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti merupakan penelitian dengan jenis pendekatan kuantitatif. Data primer pada penelitian ini diperoleh dengan teknik sampling kuota dan penarikan sampel dihitung menggunakan rumus Slovin. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa penerima KIP Kuliah angkatan 2020-2022 di UIN SAIZU Purwokerto dengan total sampel yang diperoleh sebanyak 238 responden. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Literasi Keuangan Syariah berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Keuangan Pribadi, Pendidikan Keuangan Keluarga tidak berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Keuangan Pribadi, Gaya Hidup berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Keuangan Pribadi, Gaya Hidup secara signifikan memoderasi pengaruh Literasi Keuangan Syariah terhadap Manajemen Keuangan Pribadi, dan Gaya Hidup tidak signifikan memoderasi pengaruh Pendidikan Keuangan Pribadi terhadap Manajemen Keuangan Pribadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan Syariah, Pendidikan Keuangan Keluarga, Manajemen Keuangan Pribadi, Gaya Hidup
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: HASNA LAILIA sdri
Date Deposited: 10 Jun 2024 02:49
Last Modified: 10 Jun 2024 02:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24857

Actions (login required)

View Item View Item