MANAJEMEN KELAS DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI KALIGIRI 01 KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES

Tesya Norma Puspita, Zaryanti (2024) MANAJEMEN KELAS DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI KALIGIRI 01 KECAMATAN SIRAMPOG KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Tesya Norma Puspita Z_MANAJEMEN KELAS DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDN KALIGIRI 01.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Manajemen kelas merupakan salah satu faktor terpenting dalam proses pembelajaran. Manajemen kelas yang dilakukan dalam implementasi kurikulum merdeka menjadi hal terpenting karena manajemen kelas mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif, Perubahan paradigma pada kurikulum merdeka memerlukan perubahan dan penyesuaian manajemen kelas yang dilakukan oleh guru. Disini peran guru dalam melakukan penyesuaian sangat penting namun di SDN Kaligiri 01 para guru masih banyak yang belum mampu melakukan penyesuaian antara manajemen kelas dengan filosofi kurikulum merdeka yang sedang berlaku Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif Deskriptif dengan pengguna metode penelitian lapangan (field research). Subjek yang digunakan pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas dan Peserta didik. Sedangkan objek dari penelitiannya yaitu manajemen kelas dalam implementasi kurikulum merdeka. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penggunaan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada manajemen kelas dalam implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri Kaligiri 01 meliputi: 1) Perencanaan yang dilakukan oleh semua guru kelas dan kepala sekolah pada awal tahun ajaran baru yaitu dengan guru merencanakan beberapa hal seperti Perencanaa ATP, Kontrak Belajar, Kebijakan kelas,penataan ruang pengaturan waktu dan peremcanaan waktu evaluasi. 2) Pengorganisasian dilakukan setelah tahap perencanaan. Pengorganisasian pada manajemen kelas dilakuka meliputi pengorganisasian administrasi kelas, ruang pembelajaran, kurikulum dan pengorganisasian berbagai kegiatan pembelajaran. 3) Pelaksanaan telah berjalan sesuai dengan ketentuan manajemen kelas dalam implementasi kurikulum merdeka. Namun, masih banyak hambatan yang muncul karena kurang maksimalnya dalam beberapa proses manajemen. 4) Evaluasi oleh kepala sekolah dan seluruh guru kelas dilakukan setiap akhir semester dan akhir tahun dilakukan dengan melakukan rapat agar dapat mengukur sejauh mana tingkat keberhasilan dan menentukan tindak lanjut dalam melakukan perbaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kelas, Kurikulum Merdeka
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tesya Norma Puspita Zaryanti sdri
Date Deposited: 10 Jun 2024 02:53
Last Modified: 10 Jun 2024 02:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24852

Actions (login required)

View Item View Item