PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN PERLINDUNGAN NASABAH TERHADAP KEPERCAYAAN PENGGUNA MOBILE BANKING (Studi kasus pada pengguna BRImo dan BSI Mobile di Kabupaten Pemalang)

Ani, Astuti (2024) PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN PERLINDUNGAN NASABAH TERHADAP KEPERCAYAAN PENGGUNA MOBILE BANKING (Studi kasus pada pengguna BRImo dan BSI Mobile di Kabupaten Pemalang). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ANI ASTUTI_PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN PERLINDUNGAN NASABAH TERHADAP KEPERCAYAAN PENGGUNA MOBILE BANKING (Studi kasus pada pengguna BRImo dan BSI Mobile di Kabupaten Pemalang).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu perkembangan teknologi pada sektor perbankan yaitu adanya mobile banking. Mobile banking merupakan salah satu bentuk layanan online untuk mewujudkan operasional perbankan yang lebih efisien. Dibalik mudahnya penggunaan teknologi mobile banking, tentu terdapat resiko (cyber crime) yang mungkin disalahgunakan dalam penggunaan layanan ini, seperti kasus pada Mei 2023 terjadi peristiwa cyber crime di Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Syariah Indonesia (BSI), yaitu pembobolan sistem keamanan bank dan mobile banking nasabah (hacking).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah citra perusahaan dan perlindungan nasabah dapat membuat percaya pengguna mobile banking bagi pengguna BRImo dan BSI mobile setelah maraknya cyber crime. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian didapatkan melalui kuesioner dengan sampel sebanyak 200 responden. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan: analisis statistik deskriptif, uji instrumen data, uji asumsi klasik dan regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi software IBM SPSS 25.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) citra perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepercayaan pengguna BRImo dan BSI mobile. 2) perlindungan nasabah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepercayaan pengguna BRImo dan BSI mobile. 3) secara simultan semua variabel bebas dalam penelitian ini berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pengguna mobile banking BRImo dan BSI mobile di Kabupaten Pemalang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: mobile banking, citra Perusahaan, perlindungan nasabah, kepercayaan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 340 Law > 346 Private law (perdata) > 346.08 Banking & Insurance Law
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ANI ASTUTI
Date Deposited: 10 Jun 2024 02:54
Last Modified: 10 Jun 2024 02:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24851

Actions (login required)

View Item View Item