ANALISIS PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), INTELLECTUAL CAPITAL DAN KINERJA LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI (STUDI KASUS SEKTOR INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN TAHUN 2018-2022)

Devia Divani, Marchsya (2024) ANALISIS PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), INTELLECTUAL CAPITAL DAN KINERJA LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI (STUDI KASUS SEKTOR INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN TAHUN 2018-2022). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Devia Divani M_Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Intellectual Capital dan Kinerja Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari corporate social responsibility, intellectual capital dan kinerja lingkungan terhadap kinerja keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI dengan studi kasus sektor industri makanan dan minuman. Menurut Kemenperin perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang industri makanan dan minuman mempunyai peranan penting dalam memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan perekonomian nasional. Dalam penelitian ini variabel kinerja keuangan perusahaan diukur dengan menggunakan ROA. Sedangkan variabel corporate social responsibility diukur menggunakan CSRIj, intellectual capital diukur dengan VAICTM dan kinerja lingkungan diukur dengan PROPER. Data yang digunakan dalam penelitian diperoleh dari website perusahaan, website BEI dan website Kementrian LHK. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah 84 perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis data kuantitatif. Sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling, sehingga jumlah sampel yang memenuhi kriteria adalah 7 perusahaan dengan jumlah 35 data. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi berganda. Penelitian ini mengolah data menggunakan bantuan Microsoft Excel serta melakukan pengujian menggunakan software SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CSR dan kinerja lingkungan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan manufaktur (ROA) sektor industri makanan dan minuman. Sedangkan intellectual capital berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan manufaktur (ROA) sektor industri makanan dan minuman. Kemudian secara simultan menunjukkan bahwa corporate social responsibility, intellectual capital dan kinerja lingkungan berpengaruh terhadap kinerja keuangan (ROA). Hasil R2 pada ROA memiliki nilai sebesar 0,436 atau sebesar 43,6%. Sehingga 56,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian, seperti pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan. Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, intellectual capital, kinerja lingkungan dan kinerja keuangan perusahaan (ROA).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, intellectual capital, kinerja lingkungan dan kinerja keuangan perusahaan (ROA).
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Devia Divani Marchsya
Date Deposited: 10 Jun 2024 02:55
Last Modified: 10 Jun 2024 02:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24849

Actions (login required)

View Item View Item