Strategi Dakwah Akun Instagram @Sempetinngaji_ Dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Qur’an Terhadap Followersnya

Manthiq, Widaty (2024) Strategi Dakwah Akun Instagram @Sempetinngaji_ Dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Qur’an Terhadap Followersnya. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Manthiq Widaty_Strategi Dakwah Akun Instagram @sempetinngaji_ Dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Qur'an Terhadap Followersnya.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dakwah di era sekarang haruslah interaktif, karena di era ini dakwah telah dihadapkan dengan berbagai problematika salah satunya yakni, modernisasi. Modernisasi seringkali dikaitkan dengan perubahan sosial di masyarakat, berupa perubahan penting dalam hal berpikir dan berperilaku. Pengetahuan modern akan terus berkembang dan menuntut para aktivis keagamaan untuk memanfaatkan kemajuan teknologi semaksimal mungkin. Pendakwah sebagai penerang dan pembimbing harus tidak terbatas baik dari segi ruang dan waktu. Pendakwah atau da’i harus menciptakan inovasi kreatif agar kegiatan dakwah tidak terhenti dengan segala problematika. Sempetin Ngaji menjadi salah satu akun dakwah yang memanfaatkan teknologi digital sebagai medianya, bertujuan untuk mengajak dan mengingatkan generasi muda agar lebih mengenal, mendalam, dan antusias dalam mempelajari Al-Quran. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dan menggunakan teori strategi dakwah Al-Bayanuni sebagai acuan dalam skripsi ini. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan teknik analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, yang definisikan sebagai proses pemilihan, pemusatan fokus, pengabstraksan, serta pengubahan data "mentah" yang dihasilkan dari catatan yang tertulis lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi dakwah akun @sempetinngaji_ dalam meningkatkan motivasi membaca Qur’an terhadap followersnya dengan memaksimalkan penggunaan seluruh komponen strategi dakwah Al Bayanuni, yaitu : Strategi dakwah Sentimentil, Rasional, dan Indrawi karena pada setiap dakwahnya menekankan pada aspek hati/perasaan, akal/logika, serta menitikberatkan pada aspek panca indra. Penelitian ini juga menunjukkan penerapan metode dakwah bil-lisan, dakwah bil-hal, dakwah bil-qalam, dan dakwah bil-hikmah pada konten dan program kegiatan yang diadakan oleh akun @Sempetinngaji_ dalam upaya meningkatkan motivasi membaca Qur’an followersnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi dakwah, Al-Bayanuni, Instagram, Media Sosial
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.21 Fungsionaris Dakwah : Wali, Ulama, Muballig, Da'i
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.22 Masyarakat Dakwah, Obyek Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.23 Materi Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Manthiq Widaty sdri
Date Deposited: 05 Jun 2024 04:12
Last Modified: 05 Jun 2024 04:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24824

Actions (login required)

View Item View Item