ANALISIS PENDAYAGUNAAN DANA ZAKAT PRODUKTIF UNTUKPENGEMBANGAN USAHA MUSTAHIK DI BAZNAS KABUPATEN KEBUMEN

Annisa, Wahyu Nurul Aeni (2024) ANALISIS PENDAYAGUNAAN DANA ZAKAT PRODUKTIF UNTUKPENGEMBANGAN USAHA MUSTAHIK DI BAZNAS KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Annisa Wahyu N.A_Analisis Pendayagunaan Dana Zakat Produktif Untuk Pengembangan Usaha Mustahik Di BAZNAS Kabupaten Kebumen.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendayagunaan zakat sangat erat kaitannya dengan bagaimana cara pendistribusiannya, jika pendistribusiannya tepat sasaran dan tepat guna, maka pendayagunaan zakat akan lebih optimal. Maka dari itu, dibutuhkan lembaga amil zakat yang profesional dan mampu mengelola zakat secara tepat sasaran. BAZNAS Kabupaten Kebumen merupakan salah satu lembaga pengelola zakat yang dibentuk untuk mengelola dan mendistribusikan zakat produktif di wilayah Kabupaten Kebumen. Pendayagunaan harta zakat yang dikumpulkan oleh BAZNAS Kabupaten Kebumen diarahkan pada program- program usaha mustahiq yang memberi manfaat dalam jangka panjang untuk perbaikan kesejahteraan mustahiq. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendayagunaan dana zakat produktif untuk pengembangan usaha mustahik Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuatitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dengan penelitian ini, penulis dapat mengetahui pendayagunaan dana zakat produktif, berupa modal usaha dan juga pelatihan yang diberikan BAZNAS kepada para mustahik untuk membantu pengembangan usaha mereka. Modal usaha yang diberikan kepada mustahik yaitu dalam bentuk uang, agar dapat dimanfaatkan untuk membuka usaha atau untuk melanjutkan usahanya yang kurang lancar. Pelatihan yang diadakan yaitu, menjahit, tataboga,dan pertukangan. Sudah banyak mustahik yang menikmati hasil dari usahanya setelah mendapatkan bantuan dari BAZNAS. Usaha mustahik semakin baik dan mengalami perkembangan setiap bulannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Zakat produktif, pendayagunaan,pengembangan usaha
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: ANNISA WAHYU NURUL AENI sdri
Date Deposited: 04 Jun 2024 01:29
Last Modified: 04 Jun 2024 01:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24809

Actions (login required)

View Item View Item