IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AL-QUR’AN DI SD DARUL QUR’AN AL-KARIM BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS

INDAH, RAMADHANI (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AL-QUR’AN DI SD DARUL QUR’AN AL-KARIM BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DRAFT SKRIPSI_INDAH RAMADHANI .pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Setiap lembaga pasti memiliki keunikan seperti metode dan caranya masing-masing. SD Darul Qur’an Al-Karim Baturraden merupakan suatu lembaga yang memiliki program unggulan berupa pendidikan Al-Qur’an. Dengan adanya program unggulan tersebut tentunya dalam pelaksanaannya ada yang namanya kurikulum yang harus direalisasikan. Pelaksanaan program pendidikan Al-Qur’an yang dilakukan di SD Darul Qur’an Al-Karim Baturraden menggunakan kurikulum pendidikan Al-Qur’an Kurikulum pendidikan Al-Qur’an yang diterapkan di SD Darul Qur’an Al-Karim Baturraden bertujuan untuk mewujudkan visinya yaitu: “Menjadi lembaga pendidikan dasar yang qur’ani, unggul, peduli, dalam mewujudkan masyarakat yang mandiri dan berakhlaqul karimah”, serta berkomitmen menjadi fasilitator terhadap kualitas anak didik yang mampu berpegang pada ilmu-ilmu Al-Qur’an. Sebagai program unggulan, kurikulum pendidikan Al-Qur’an juga memiliki tujuan untuk mewujudkan kualitas pendidikan yang unggul, kompetitif dan mandiri. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Metode penelitian ini digunakan untuk menyajikan gambaran atau realitas yang tersedia melalui deskripsi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penulis mencoba mengumpulkan fakta dan mendeskripsikan bagaimana implementasi kurikulum Pendidikan Al-Qur’an bisa berjalan dengan lancar. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah: kepala sekolah, koordinator Al-Qur’an, guru tahfidz SD Darul Qur’an Al-Karim Baturraden. Hasil dari penelitian ini adalah: implementasi kurikulum pendidikan Al-Qur’an berhasil dilaksanakan, terbukti dengan kelas 3 grade 3 yang berhasil mencapai target dengan menyelesaikan tartili jilid 6 dan hafalan sampai surat Al-Mulk, kelas 2 grade 2 dan 3 yang berhasil mencapai target dengan menyelesaikan tartili jilid 4 dan hafalan sampai surat Al-Insan. Keberhasilan tersebut karena beberapa faktor yaitu, kemampuan siswa, guru tahfidz, orang tua. Namun ada juga yang belum berhasil seperti kelas 1, kelas 3 grade 1 dan 2, dan kelas 2 grade 1 yang belum berhasil mencapai target. Hal itu dipengaruhi juga oleh faktor lambatnya kemampuan siswa dalam menghafal dan membaca, kurangnya pendidikan khusus bagi guru tahfidz dan kurangnya perhatian orang tua terhadap tugas anak di rumah. Kata Kunci: Implementasi kurikulum, kurikulum pendidikan Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi kurikulum, kurikulum pendidikan Al-Qur’an
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Indah Ramadhani
Date Deposited: 04 Jul 2024 04:16
Last Modified: 08 Jul 2024 06:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24791

Actions (login required)

View Item View Item