KETELADANAN GURU SEBAGAI SARANA MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI DI KALANGAN SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM NUSAJATI

ROFIK, KHIARULLAH (2024) KETELADANAN GURU SEBAGAI SARANA MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI DI KALANGAN SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM NUSAJATI. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ROFIK KHIARULLAH - KETELADANAN GURU SEBAGAI SARANA MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI DI KALANGAN SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM NUSAJATI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Pondok pesantren adalah institusi pendidikan Islam tradisional di Indonesia yang memiliki peran penting dalam mempromosikan toleransi, baik tolernasi kepada sesama umat Islam (internal) maupun toleransi kepada umat agama lain/non muslim (eksternal). Untuk untuk menumbuhkan sikap toleransi tersebut, dibutuhkan sebuah metode salah satunya melalui keteladanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi hubungan keteladanan guru dalam menanamkan sikap toleransi di kalangan santri Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Nusajati. Penelitian ini menggunakan metode lapangan dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan pengumpulan data. Lokasi yang diteliti adalah Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jl. Naya Sudarma RT.02 RW.04 Desa Nusajati Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap Provinsi Jawa Tengah. Dengan subjek penelitian meliputi, dewan assatidz pondok pesantren, santri, kepala pengurus atau pengasuh Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Nusajati. Hasil penelitian tentang keteladanan guru sebagai sarana menumbuhkan sikap toleransi di kalangan santri Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Nusajati, yaitu : 1) Guru di pondok pesantren berperan sebagai teladan yang memberikan contoh sikap toleransi melalui perilaku dan interaksi sehari-hari dengan santri 2) Melalui keteladanan mereka, para guru membantu membentuk mental dan karakter santri agar dapat menghargai perbedaan, menghormati umat beragama lain, dan hidup berdampingan secara damai dalam masyarakat multikultural. 3) Praktik pembelajaran di pondok pesantren, yang melibatkan diskusi terbuka, serta pengajaran nilai-nilai moral dan etika, juga berperan dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya toleransi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Keteladanan, Sikap Toleransi, Pondok Pesantren.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ROFIK KHIARULLAH sdr
Date Deposited: 10 Jun 2024 03:07
Last Modified: 10 Jun 2024 03:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24790

Actions (login required)

View Item View Item