PENGARUH ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE DAN INTERNAL CONTROL TERHADAP FRAUD PADA BANK UMUM SYARIAH TAHUN 2018-2023

Laeliani, Nur Rohmah (2024) PENGARUH ISLAMIC CORPORATE GOVERNANCE DAN INTERNAL CONTROL TERHADAP FRAUD PADA BANK UMUM SYARIAH TAHUN 2018-2023. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Laeliani Nur Rohmah_Pengaruh islamic corporate governance dan internal control terhadap fraud pada bank umum syariah tahun2018-2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Bank umum syariah merupakan lembaga keuangan yang didirikan berdasarkan prinsip syariah. Namun, hal ini tidak dapat menjamin bank umum syariah terbebas dari tindakan fraud. dapat dibuktikan dengan banyaknya kasus fraud di Bank umum syariah antara tahun 2018 sampai dengan 2023. Pada masa seperti ini diperlukan adanya pedoman untuk mengurangi potensi terjadinya fraud di Bank umum syariah. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah menerapkan Islamic corporate governance dan internal control. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Islamic corporate governance dan internal control terhadap fraud pada bank umum syariah. Variabel independen yang digunakan untuk Islamic corporate governance adalah dewan pengawas syariah, dewan komisaris, dan dewan direksi ditambah internal control. Sedangkan variabel dependennya menggunakan fraud pada bank umum syariah. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan tahunan dan laporan good corporate governance pada bank umum syariah yang terdaftar di OJK periode 2018 sampai 2023. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 7 bank umum syariah dengan teknik purposive sampling. Metode analisis menggunakan uji regresi data panel yang diantaranya terdapat uji estimasi model, uji model, uji asumsi klasik dan uji hipotesis yang diolah dengan menggunakan eviews 9. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah secara parsial dewan pengawas syariah dan dewan komisaris berpengaruh secara positif dan signifikan, sementara dewan direksi berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap fraud, sedangkan internal control tidak berpengaruh terhadap fraud. Secara simultan dewan pengawas syariah, dewan komisaris, dewan direksi dan internal control berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap fraud bank umum syariah. Kata kunci : Islamic corporate governance, internal control dan fraud.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Islamic Coporate Governance, Internal Control dan Fraud
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.4 Kumpulan Ayat dan Surat Tertentu
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.23 Perjanjian (Perburuhan, Tanah, Wadiah Kafalah)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Laeliani Nur Rohmah sdri
Date Deposited: 03 Jun 2024 01:55
Last Modified: 03 Jun 2024 01:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24789

Actions (login required)

View Item View Item