NILAI-NILAI EKONOMI ISLAM PADA PEMBIAYAAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) DI BANK KONVENSIONAL (Studi Kasus Di Bank Jateng KCP Prembun, Kab. Kebumen)

KHANIFAN, ALFI (2024) NILAI-NILAI EKONOMI ISLAM PADA PEMBIAYAAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) DI BANK KONVENSIONAL (Studi Kasus Di Bank Jateng KCP Prembun, Kab. Kebumen). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. KH. SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
KHANIFAN ALFI_NILAI-NILAI EKONOMI ISLAM PADA PEMBIAYAAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) DI BANK KONVENSIONAL (Studi Kasus Di Bank Jateng KCP Prembun, Kab. Kebumen).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Aternatif peningkatan taraf hidup di tengah-tengah masyarakat Indonesia, sebagai bentuk tantangan yang diterima oleh pemerintah Indonesia sast ini, oleh karenanya untuk menguragi tingkat pengangguran yang ada, maka di tahun 2024 pemerintah memberikan aternatif kepada masyarakat Indonesia pada umumnya, dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR), sebagai bentuk mengurangi tingkat pengangguran, serta meningkatkan penghasilan dalam sektor masyarakat sesuai dengan SDA dan SDM yang ada. KUR adalah jalan aternatif yang diberikan pemerintah dalam rangka untuk membantu usaha yang lebih produktif, layak, memenuhi persyaratan kredit bank, dan dapat mengakses progam pemerintah melewati bank konvensional. Penelitian ini mencoba membedah hal tersebut dengan menggunakan data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga menghasilkan hasil observasi yang cukup baik. Dengan data yang detail dan luas secara mendalam, sehingga diperolehlah kesimpulan data secara maksimal dan fundamental. Yang mana tahapan yang dilakukan oleh penulis yaitu data Reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan verification (verifikasi data). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu; 1). Bagaimana analisis nilai ekonomi Islam terhadap pelaksanaan pembiayaan KUR di Bank Jateng KCP Prembun Kab. Kebumen?, 2). Bagaimana mekanisme pembiayaan KUR di Bank Jateng KCP Prembun Kab. Kebumen?. Dengan tujuan 1). Untuk mengetahui dan menganalisis nilai ekonomi Islam terhadap pelaksanaan Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bank Jateng KCP Prembun, Kab. Kebumen, Dan 2). Untuk mengetahui mekanisme pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bank Jateng KCP Prembun, Kab. Kebumen. Dalam hal ini jika ditinjau dari perspektif keislaman, penyaluran dana KUR sudah sesuai, meskipun ada beberapa pertimbangan dalam pengembalian KUR jika diselaraskan dengan Ekonomi Islam akan kontroverrsi, karena dalam pengembalian KUR dikenakan bunga sebesar 6% pertahun 2024 maka akan mendatangkan hukum riba, dan apabila bunga tersebut dijadikan jasa oprasional sebuah bank dengan memahami perjanjian awal maka sudah tidak menjadi riba, dan sudah selaras dengan ekonomi keislaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Ekonomi Islam, KUR, Bank Konvensional.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: KHANIFAN ALFI sdr
Date Deposited: 31 May 2024 07:56
Last Modified: 31 May 2024 07:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24772

Actions (login required)

View Item View Item