PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, MANFAAT, DAN KEAMANAN NASABAH TERHADAP MINAT DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI BSI MOBILE UNTUK PEMBAYARAN E-COMMERCE (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DI PURWOKERTO)

Ani, Kusuma Wardani (2024) PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, MANFAAT, DAN KEAMANAN NASABAH TERHADAP MINAT DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI BSI MOBILE UNTUK PEMBAYARAN E-COMMERCE (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ani Kusuma Wardani.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bank Syariah Indonesia merupakan salah satu bank yang menyediakan layanan mobile banking untuk membantu nasabahnya dalam bertransaksi. BSI menciptakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan oleh nasabah untuk melakukan transaksi. Pengembangan BSI Mobile yang menawarkan kemampuan yang dapat diakses oleh semua orang, dimanapun, kapanpun untuk memenuhi permintaan nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh kepercayaan, kemudahan, manfaat, dan keamanan terhadap minat dalam menggunakan BSI Mobile. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat dalam menggunakan BSI Mobile. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengkaji seberapa besar pengaruh kepercayaan, kemudahan, manfaat dan keamanan terhadap minat menggunakan BSI Mobile untuk pembayaran e-commerce baik secara parsial maupun simultan. Berdasarkan fokus permasalahan yang dikaji peneliti, maka penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini terdapat empat variabel independen yaitu kepercayaan, kemudahan, manfaat dan keamanan sedangkan untuk variabel dependen yaitu minat nasabah menggunakan BSI Mobile. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden dari perhitungan rumus Cochcan dengan taraf kesalahan 5% dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan dari kepercayaan terhadap minat dalam menggunakan BSI Mobile. Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari kemudahan, manfaat, dan keamanan terhadap minat dalam menggunakan BSI Mobile. Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari kepercayaan, kemudahan, manfaat dan keamanan terhadap minat dalam menggunakan BSI Mobile pada masyarakat di Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan, Kemudahan, Manfaat, Keamanan, dan Minat Nasabah
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ani Kusuma Wardani sdri
Date Deposited: 31 May 2024 07:34
Last Modified: 31 May 2024 07:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24758

Actions (login required)

View Item View Item