PENGARUH KEMUDAHAN, KECEPATAN, DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN SISTEM PEMBAYARAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS) (Studi Pada Pelaku UMKM Kuliner Pasar Manis Purwokerto)

RIAN, NUR ROHMAT (2024) PENGARUH KEMUDAHAN, KECEPATAN, DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN SISTEM PEMBAYARAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS) (Studi Pada Pelaku UMKM Kuliner Pasar Manis Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
1717201166_Rian Nur Rohmat.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu sistem pembayaran digital yang populer pada saat ini adalah QRIS. QRIS merupakan uang elektronik yang penggunaannya karena dalam bertransaksi penggunaan QRIS hanya dengan scan barcode. Peneliti memilih lokasi penelitian di Pasar Manis Purwokerto dengan alasan Pasar Manis Purwokerto merupakan pasar tradisional yang sudah menyediakan pembayaran digital dan pasar ini digunakan sebagai percontohan pembayaran secara digital. Penelitian ini menggunakan teori TAM (Theory Acceptance Model) yang menjelaskan bahwa penerimaan suatu teknologi informasi dipengaruhi oleh manfaat, kemudahan dan risiko. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi berganda untuk menganalisis data yang dikumpulkan dari kuesioner yang dibagikan kepada 66 responden pelaku UMKM Kuliner di Pasar Manis Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Data primer dari populasi UMKM Kuliner Pasar Manis menggunakan kuisioner atau angket dengan menggunakan skala Likert. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purpose sampling. Data dalam penelitian ini diolah dengan software IBM SPSS 22. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu kemudahan, kecepatan dan keamanan. Serta variabel dependen yaitu minat pengguna pelaku UMKM kuliner menggunakan QRIS. Hasil penelitian menujukkan bahwa : 1) kemudahan berpengaruh terhadap minat UMKM kuliner menggunakan QRIS; 2) kecepatan berpengaruh terhadap minat UMKM kuliner menggunakan QRIS; 3) keamanan berpengaruh terhadap minat UMKM kuliner menggunakan QRIS; 4) secara simultan semua variabel bebas dalam penelitian ini berpengaruh secara signifikan berpengaruh terhadap minat UMKM kuliner menggunakan QRIS. Kata Kunci : Kemudahan, Kecepatan, Keamanan, Minat Pengguna

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemudahan, Kecepatan, Keamanan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: RIAN NUR ROHMAT sdr
Date Deposited: 16 May 2024 06:58
Last Modified: 16 May 2024 06:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24702

Actions (login required)

View Item View Item