IMPLEMENTASI KURIKULUM AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH AN-NAHDLIYAH DI TK DIPONEGORO 216 KARANGANYAR KECAMATAN PATIKRAJA BANYUMAS

Rosy, Meiliasari (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH AN-NAHDLIYAH DI TK DIPONEGORO 216 KARANGANYAR KECAMATAN PATIKRAJA BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rosy Meiliasari_Implementasi Kurikulum Ahlussunnah Wal jama'ah An-Nahdliyah Di TK Diponegoro 216 Karanganyar Kecamatan Patikraja Banyumas.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pergantian kurikulum yang terus dilakukan menyebabkan kebingungan pada guru. Salah satu faktor utama yaitu pelatihan kurikulum baru pada guru terlalu singkat sehingga menimbulkan kurangnya pemahaman guru terhadap implementasi kurikulum. Padahal perubahan kurikulum merupakan sebuah tantangan baru bagi guru, karena tidak hanya merubah sistem administrasi tetapi juga merubah instrumen yang digunakan. Apalagi kurikulum yang digunakan di TK yang berada dibawah naungan lembaga Nahdatul Ulama tidak hanya kurikulum merdeka yang digunakan tapi juga kurikulum Ahlussunnah Wal Jama’ah. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum ahlussunnah wal jama’ah an-nahdliyah di TK Diponegoro 216 Karanganyar Kecamatan Patikraja Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metodologi penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tahapan pengimplementasian kurikulum ahlussunnah wal jama’ah an-nahdliyah di TK Diponegoro 216 Karanganyar meliputi tiga proses yaitu (1) Proses perencanaan kurikulum aswaja terlihat jelas dalam penyusunan program yang melibatkan nilai pendidikan aswaja. (2) Proses pelaksanaan kurikulum terlihat jelas dalam pembelajaran dengan penerapan materi fiqih, SKI dan pembentukan karakter anak berlandaskan nilai aswaja yaitu sikap amar ma'ruf nahi munkar, toleran serta jujur. (3) Proses evaluasi yang dilakukan bertahap namun lebih ditekankan pada ranah afektif dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ahlussunnah Wal Jama’ah, An-Nahdliyah, Implementasi, Kurikulum
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rosy Meiliasari sdri
Date Deposited: 11 May 2024 03:54
Last Modified: 11 May 2024 03:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24679

Actions (login required)

View Item View Item