BIMBINGAN MUDABBIR DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI SANTRIWATI UNTUK MEMILIKI AKHLAK YANG BAIK DI PONDOK PESANTREN MODERN DARUL QUR’AN AL-KARIM BATURRADEN BANYUMAS

Latifatul, Munawaroh (2024) BIMBINGAN MUDABBIR DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI SANTRIWATI UNTUK MEMILIKI AKHLAK YANG BAIK DI PONDOK PESANTREN MODERN DARUL QUR’AN AL-KARIM BATURRADEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Latifatul Munawaroh- BIMBINGAN MUDABBIR DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI SANTRIWATI UNTUK MEMILIKI AKHLAK YANG BAIK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pesantren tidak hanya memberikan pendidikan formal, tetapi juga memberikan bimbingan dalam berperilaku dalam kehidupan sosial. Salah satu bentuk bimbingan tersebut dilakukan oleh mudabbir, yang bertugas sebagai pembimbing yang ditunjuk oleh pesantren untuk mengemban peran sebagai orang tua pengganti bagi para santri selama mereka tinggal di pesantren, dengan tujuan membantu mereka beradaptasi, hidup mandiri, bisa memiliki akhlak yang baik serta berfungsi secara positif dalam masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami upaya yang dilakukan oleh mudabbir dalam memberikan motivasi kepada santriwati agar bisa memiliki akhlak yang baik di Pondok Pesantren Darul Qur’an Al-Karim Baturraden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek yang diteliti adalah mudabbir atau seorang pembimbing santri yang bernama Neng Siti Kulsum, Meliyanti, Faradila Rahmatika Tsani, Firda Nur Aulia, Robingah dan Bilqis. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang diimplementasikan oleh mudabbir terhadap di pondok pesantren Darul Qur’an Al-Karim Baturraden. Upaya tersebut mencakup: Membuka saluran komunikasi yang aktif dengan para santri; Mengadakan diskusi bersama di ruang asrama untuk memperkuat interaksi; Menyiapkan materi bimbingan dan motivasi yang berakar pada nilai-nilai keislaman, seperti al-Qur'an dan al-Hadits; dan Menunjukkan contoh teladan yang positif kepada para santri sebagai panduan moral.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan, Mudabbir, Motivasi, Santri dan Akhlak yang Baik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Latifatul Munawaroh Sdri
Date Deposited: 27 Apr 2024 01:41
Last Modified: 27 Apr 2024 01:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24577

Actions (login required)

View Item View Item