POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGURUS TERHADAP SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA ALKARIMI PEMALANG

Esa Nurul, Fitriani (2024) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGURUS TERHADAP SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA ALKARIMI PEMALANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ESA NURUL FITRIANI POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGURUS TERHADAP SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA ALKARIMI PEMALANG.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komunikasi merupakan hal yang tidak bisa dihindarkan dari setiap individu, setiap individu pasti berkomunikasi, oleh karena itu guna menciptakan komunikasi yang efektif maka pola komunikasi merupakan hal yang sangat penting untuk diterapkan, pola komunikasi merupakan model atau cara seorang komunikator dalam menyapaikan pesan atau informasi supaya pesan atau informasi tersebut sampai kepada komunikan dengan baik sesuai tujuannya. seorang pengurus memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan pola komunikasi sama hal nya dengan apa yang harus diterapkan agar santri bisa dengan mudah menerima dan nyaman dalam berkomunikasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berdasarkan observasi, wawancara serta dokumentasi. Dan subjek yang diteliiti diantaranya pengasuh, pengurus dan santri pada Pondok Pesantren Nurul Huda AlKarimi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengurus Pondok Pesantren ini menerapkan dua Pola Komunikasi Interpersonal Yaitu Pola Komunikasi Linear dan Pola Komunikasi Sirkular. Komunikasi Linear digunakan saat memberikan informasi yang sifatnya umum, Sedangkan Pola Sirkular digunakan baik komunikasi formal maupun non formal, diantaranya adalah pada saat pembelajaran terjadi tanya jawab, dalam penyelesaian masalah maupun sharing atau berbagi cerita untuk menemukan Solusi. Pengurus juga telah menerapkan lima kualitas sikap Komunikasi Interpersonal yaitu dalam hal keterbukaan, kesetaraan, sikap positif, medukung dan empati. Sedangkan hambatan yang ada pada komunikasi interpersonal pengurus terhadap santri ada tiga aspek diantaranya perbedaan karakter, perbedaan umur dan bentuk dari asrama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi interpersonal, ponpes alkarimi, santri
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology > 158.2 Interpersonal Relations
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Esa Nurul Fitriani sdri
Date Deposited: 26 Apr 2024 06:21
Last Modified: 26 Apr 2024 06:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24501

Actions (login required)

View Item View Item