Syahida, Fitria Al Isnaini (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KRACAK. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Syahida_EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V.pdf Download (16MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran matematika terhadap keaktifan belajar siswa kelas V di SD Negeri 1 Kracak. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, sedangkan metode penelitian yang digunakan yaitu pre eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-postest.. Instrumen penelitian yang digunakan berupa observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan perhitungan N-Gain. Hasil penelitian menujukkan bahwa adanya perbedaan keaktifan belajar siswa antara sebelum dan sesudah menerapkan pendekatan CTL. Perbedaan keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari persentase jumlah siswa yaitu setelah menggunakan pendekatan CTL jumlah siswa aktif (68%), dan cukup aktif (32 %), sedangkan keaktifan belajar siswa sebelum menggunakan CTL rendah yaitu dengan jumlah siswa cukup akti (6%), kurang aktif (68%), dan sangat kurang aktif (26%). Perhitungan skor N-Gain memperoleh hasil sebesar 0,50 yang memiliki arti bahwa tingkat efektivitas keaktifan belajar siswa setelah menggunakan CTL yaitu sedang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Kontekstual, Pembelajran Matematika, Keaktifan Belajar Siswa |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syahida Fitria Al Isnaini sdri |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 04:21 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 04:21 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24361 |
Actions (login required)
View Item |