PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS (ROA) SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (STUDI PADA PT. BANK PANIN DUBAI SYARIAH PERIODE 2018-2021)

FITRIYAH, FITRIYAH (2024) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS (ROA) SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (STUDI PADA PT. BANK PANIN DUBAI SYARIAH PERIODE 2018-2021). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Fitriyah_1717202069.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan utama terbentuknya suatu perusahaan perbankan adalah untuk meningkatkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan tidak hanya dipengaruhi oleh faktor keuangan tetapi dipengaruhi juga oleh faktor non keuangan yaitu Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility. PT. Bank Panin Dubai Syariah merupakan perusahaan sektor perbankan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) yang dimana banyak berhubungan dengan masyarakat dan sangat mementingkan citra dan nilai perusahaan. Penelitan ini bertujuan untuk menguji pengaruh Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas return on assets sebagai variabel pemoderasi. Variabel pemoderasi disini yaitu profitabilitas (ROA) untuk memperkuat pengaruh GCG dan CSR terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan tujuannya penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Variabel yang digunakan pada penelitian ini ada 2 variabel independen yaitu Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibilit, dan 1 variabel pemoderasi yaitu Profitabilitas return on assets. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Pengujian dilakukan pada Bank Panin Dubai Syariah periode 2018-2021. Hasil pengujian hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa Good Corporate Governance berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai t sebesar 1.088 dan nilai Sig 0,024 lebih kecil dari taraf signifikan yang digunakan yaitu 0,05. Corporate Social Responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai t sebesar 1.906 dan nilai Sig 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan yang digunakan yaitu 0,05. Secara simultan diperoleh bahwa pengungkapan Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, dan return on assets berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci : GCG, CSR, ROA, Nilai Perusahaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: GCG, CSR, ROA, NILAI PERUSAHAAN
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Fitriyah Fitriyah sdri
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:32
Last Modified: 24 Apr 2024 02:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24184

Actions (login required)

View Item View Item