Nur, Hasim (2024) REPRESENTASI KRITIK SOSIAL DALAM ANIMASI TEKOTOK (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA CHANNEL YOUTUBE TEKOTOK). Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
NUR HASIM_REPRESENTASI KRITIK SOSIAL DALAM ANIMASI TEKOTOK (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA CHANNEL YOUTUBE TEKOTOK).pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Kritik sosial merupakan upaya untuk menganalisis, menilai dan menanggapi kondisi sosial yang terjadi di masyarakat. Penyampaian kritik sosial dapat dilakukan melalui berbagai media salah satunya adalah video animasi. Channel YouTube Animasi Tekotok menjadi salah satu video animasi yang kontennya memuat kritik sosial terhadap fenomena kontemporer yang terjadi di tengah masyarakat yang kemudian direpresentasikan melalui karakter sederhana dan bahasa sehari-hari serta sindiran yang halus. Dalam penelitian ini akan mengambil enam video dari bulan juni-november 2023 untuk dianalisis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis semiotika roland barthes. Hasil penelitian menunjukan bahwa animasi tekotok menggunakan berbagai tanda dan simbol untuk menyampaikan pesan kritik sosial. Tanda-tanda tersebut meliputi gambar, suara dan dialog. Pesan kritik sosial yang termuat dalam animasi tekotok meliputi kritik terhadap aspek ideologi, etika, pendidikan, kerusakan lingkungan, dan kepedulian sosial. Penelitian ini juga menunjukan bahwa animasi dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pemasalahan sosial yang terjadi. Kata Kunci; Representasi, Kritik Sosial, Animasi Tekotok
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci; Representasi, Kritik Sosial, Animasi Tekotok |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | NUR HASIM sdr |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 07:58 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 07:58 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23177 |
Actions (login required)
View Item |