LAELI, Muthoharoh (2024) Pengaruh Kebiasaan Belajar setelah Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V MI Darul Hikmah Bantarsoka. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
SKRIPSI LAELI MUTHOHAROH ok (1).pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Abstark Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh kebiasaan belajar setelah pekasanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Darul Hikmah Bantarsoka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan yaitu Ex-post Facto, dengan populasi seluruh siswa kelas V MI Darul Hikamah Bantarsoka yang berjumlah 80 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 53 siswa, intrumen penelitian yang digunakan adalah angket, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana yang digunakan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar setelah pelaksanaan KBM di sekolah terhadap prestasi belajar. Hasil penelitian ini yaitu: terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar setelah KBM di sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas V MI Darul Hikmah Bantarsoka dengan nilai koefisien korelasinya (R) senilai 0,397, sedangkan koefisien determinasinya (R Square) senilai 0,158. Maka dapat dikongklusikan bahwasannya kebiasaan belajar setelah KBM di sekolah mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu senilai 15,8% serta sebanyak 84,2% diberikan pengaruh oleh faktor lainnya, sehingga di tolak dan diterima. Kata Kunci: Kebiasaan Belajar, Kebiasaan Belajar setelah KBM di Sekolah, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sdri Laeli Muthoharoh |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 07:15 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 07:15 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22926 |
Actions (login required)
View Item |