Ummi, Nur Lathifah (2024) STRATEGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH ECOPRINT SEKAR LANGIT BAJONG DALAM MEMBERDAYAKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MELALUI BASIS EKONOMI KREATIF. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
UMMI NUR LATHIFAH_STRATEGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH ECOPRINT SEKAR LANGIT BAJONG DALAM MEMBERDAYAKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MELALUI BASIS EKONOMI KREATIF.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Banyak perusahaan berskala besar di berbagai industri, termasuk industri perdagangan, dan jasa, mengalami penundaan dan bahkan harus menghentikan operasinya. Karena dampak krisis keuangan terhadap berbagai sektor perekonomian, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat bertahan dan menjadi pemulihan ekonomi meski terpuruk. Penelitian ini membahas strategi Ecoprint Sekar Langit dalam menciptakan ekonomi kreatif, dimana kearifan lokal, inovasi, dan lingkungan berdampingan untuk menciptakan peluang ekonomi yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha yang dilakukan oleh Ecoprint Sekar Langit berbasis ekonomi kreatif dan untuk mengetahui strategi yang dilakukan Ecoprint Sekar Langit yang berbasis ekonomi kreatif dalam memberdayakan perekonomian masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Dimana pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informat utama dalam penelitian ini adalah pemilik Ecoprint Sekar Langit. Sedangkan informan pendukung adalah karyawan dan peserta pelatihan. Teknik analisis data menggunakan model Milles dan Huberman yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kemudian untuk teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan Ecoprint Sekar Langit Bajong ini adalah melakukan kegiatan-kegiatan yang melibatkan masyarakat dengan program pelatihan berupa kegiatan pembuatan ecoprint yang bertujuan untuk memberikan wawasan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya usaha dengan memanfaatkan potensi alam yang memiliki nilai jual dalam meningkatkan pendapatan. Kata Kunci: Strategi, UMKM, Ekonomi Kreatif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, UMKM, Ekonomi Kreatif |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ummi i Nur Lathifah sdri |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 06:24 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 06:24 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22744 |
Actions (login required)
View Item |