Aeni, Nurul (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS DENGAN PENDEKATAN ASSURANCE, RELLEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF NU 1 SOKARAJA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Nurul Aeni_Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions dengan Pendekatan Assurance, Rellevance, Interest, Assesment, Satisfaction Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemahaman matematis merupakan aspek fundamental yang harus dimiliki oleh setiap siswa, karena dengan kepemilikan kemampuan ini dapat membantu siswa untuk menguasai konsep matematika lainnya. Namun faktanya banyak siswa yang memiliki kemampuan pemahaman matematis rendah. Salah satu faktor yang menjadi sebab rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa adaah penerapan model pembelajaran yang kurang memberikan kesempatan siswa untuk berperan aktif selama pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada kesulitan siswa dalam belajar dan memahami materi matematika. Maka, diperlukan solusi untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan ARIAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII pada materi fungsi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan ARIAS. Populasi penelitian merupakan seluruh siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 1 Sokaraja, dengan menggunakan teknik convinience sampling diperoleh sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII B ebagai kelas kontrol yang berjumlah 59 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain berupa pre-test and post-test control group. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan tes dalam bentuk pre-test dan post-test. Setelah data terkumpul kemudian, data dianalisis menggunakan uji t dua sampel bebas, dengan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis dengan uji t dua sampel bebas diperoleh nilai signifikansi pada data post-test sebesar 0,000 dimana kurang dari batas taraf signifikansi 0,05 ynag menandakan dterdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat simpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan ARIAS berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis, Model ARIAS, Model STAD
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemahaman Matematis, Model ARIAS, Model STAD |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Nurul Aeni sdri |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 06:23 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 06:23 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22743 |
Actions (login required)
View Item |