ANALISIS KEBIJAKAN RELOKASI PEDAGANG KAKI LIMA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS RELOKASI PKL ALUN-ALUN PURBALINGGA)

Afifah, Dyan Nurlaili (2023) ANALISIS KEBIJAKAN RELOKASI PEDAGANG KAKI LIMA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS RELOKASI PKL ALUN-ALUN PURBALINGGA). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Afifah Dyan Nurlaili_Analisis Kebijkaan Relokasi Pedagang Kaki Lima Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Relokasi PKL Alun-alun Purbalingga).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kebijakan relokasi pedagang kaki lima merupakan suatu bentuk upaya pemerintah daerah guna untuk menertibkan pedagang kaki lima (PKL) di sekitar pusat kota Purbalingga dan juga agar terlihat tertata dan rapi. Pemerintah daerah telah mengupayakan untuk mengalihkan tempat berjualan para pedagang kaki lima aga tetap mampu bertahan hidup. Relokasi merupakan proses pemindahan dari lokasi lama ke lokasi baru. Namun dalam pelaksanaan program kebijakan relokasi yang diatur oleh pemerintah daerah menimbulkan dampak positif dan negatif tersendiri bagi para pedagang kaki lima. Pemerintah daerah pun mendukung para pedagang dengan melengkapi fasilitas yang memadai di Purbalingga Food Center. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kebijakan relokasi beserta dampaknya terhadap pedagang kaki lima dari Alun-alun Purbalingga ke pusat kuliner Purbalingga Food Center. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pedagang yang direlokasi dari Alun-alun Purbalingga ke Purbalingga Food Center, salah satu staff dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dan merupakan penelitian lapangan (field research). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada beberapa langkah yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam menjalankan program relokasi yaitu: 1) Registrasi pedagang; 2) Pendataan ulang jumlah pedagang; 3) Analisa surat ijin luas lapak (setiap pedagang); 4) Setelah itu, diadakan analisa untuk pembagian tempat lapak. Pandangan ekonomi Islam terhadap kebijakan relokasi pedagang kaki lima dapat mendatangkan kemanfaatan bagi umat dan juga sudah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam namun juga ada dampak negatif dari adanya relokasi tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Relokasi, Pedagang Kaki Lima, Ekonomi Islam
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Afifah Dyan Nurlaili
Date Deposited: 26 Oct 2023 06:59
Last Modified: 26 Oct 2023 06:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22410

Actions (login required)

View Item View Item