Meliawan, Rifqi Alfariz (2023) PENGARUH PROGRAM ISLAMIC BOARDING SCHOOL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MA NEGERI 1 BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
revisiii.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ISLAMIC BOARDING SCHOOL MERUPAKAN SUATU TEMPAT DIMANA DI DALAMNYA TERDAPAT ASRAMA SEBAGAI TEMPAT TINGGAL PARA PESERTA DIDIK SELAMA MASA STUDI. SESUNGGUHNYA TERM BOARDING SCHOOL BUKAN SESUATU YANG BARU DALAM KONTEKS PENDIDIKAN DI INDONESIA. KARENA SUDAH SEJAK LAMA LEMBAGA PENDIDIKAN MENGHADIRKAN KONSEP PENDIDIKAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL YANG DIBERI NAMA “PONDOK PESANTREN”. BEBERAPA PERMASALAHAN YANG TERJADI DALAM DUNIA PENDIDIKAN SEPERTI BANYAKNYA PESERTA DIDIK YANG BERGAUL SECARA BEBAS DAN KENAKALAN REMAJA LAINNYA. SEHINGGA PROSES MEREKA BELAJAR DI SEKOLAH AKAN SEMAKIN TERGANGGU DAN MOTIVASI MEREKA UNTUK BELAJAR SEMAKIN REDUP DAN MENGAKIBATKAN MEREKA SULIT MENERIMA MATERI PEMBELAJARAN. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI PENGARUH PROGRAM BOARDING SCHOOL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MA NEGERI 1 BANJARNEGARA. POPULASI DALAM PENELITIAN INI ADALAH SISWA ISLAMIC BOARDING SCHOOL YANG BERJUMLAH 36 SISWA. SEDANGKAN PENGAMBILAN SAMPEL MENGGUNAKAN SAMPLING TOTAL YAITU MENJADIKAN SELURUH POPULASI MENJADI SAMPEL DENGAN CATATAN POPULASI DI BAWAH 100. PENGUMPULAN DATA DILAKUKAN DENGAN MENGGUNAKAN ANGKET (KUESIONER) OBSERVASI NON-PARTSIPAN DENGAN VARIABEL ISLAMIC BOARDING SCHOOL (X) SEBAGAI VARIABEL INDEPENDEN DAN VARIABEL MOTIVASI BELAJAR (Y) SEBAGAI VARIABEL DEPENDEN. INSTRUMEN PENELITIAN INI MENGGUNAKAN ANGKET DAN SKALA LIKERT SERTA TEKNIK ANALISIS DATA BERUPA UJI DESKRIPTIF, UJI LINIER REGRESI, DAN UJI F VARIABEL X DAN VARIABEL Y. SETELAH PENGUJIAN YANG DILAKUKAN TERHADAP DATA YANG DIPEROLEH DARI 36 RESPONDEN HASIL TEMUAN PENELITIAN INI ADALAH TERDAPAT PENGARUH ISLAMIC BOARDING SCHOOL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI MA NEGERI 1 BANJARNEGARA. BERDASARKAN HASIL UJI ANALISIS REGRESI LINEAR SEDERHANA MENUNJUKKAN BAHWA NILAI SIGNIFIKASI SEBESAR 0,000% LEBIH KECIL DARI TARAF SIGNIFIKASI 0,05% . KEMUDIAN NILAI KOEFISIEN DETERMINASI ATAU R2 ADALAH 0,714. HAL INI BERARTI PENGARUH YANG DIBERIKAN OLEH VARIABEL ISLAMIC BOARDING SCHOOL DALAM MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA SEBESAR 51 % DAN SISANYA DIPENGARUHI OLEH PENELITIAN LAIN.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Islamic Boarding School, Motivasi Belajar |
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Meliawan Rifqi Alfariz sdri |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 06:45 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 06:45 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22356 |
Actions (login required)
View Item |