NurKhittoh, 1223308063 (2017) Penerapan Metode An-Nahdliyah Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Furqon Pancasan Ajibarang Banyumas. Skripsi thesis, IAIN.
Text
NUR KHITTOH __ PENERAPAN METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TAMAN PENDID.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
COVER__BAB 1__BAB V__DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (682kB) | Preview |
Abstract
Al-Qur’an merupakansumberpendidikan Islam danjugamerupakanMukjizatNabi Muhammad SAW, membacanyamerupakanibadah. Allah SWT akanmelimpahkanpahalabagisiapasaja yang membaca, memahamidanmengamalkanisidari Al-Qur’an. Yang terjadisaatinibanyak orang yang bisamembaca Al-Qur’an, namuntidaksedikit orang yang melakukankesalahanbaikdarisegimakhrajatautajwidsehinggamakna yang terkandungdalam Al-Qur’an menjadiberbedabahkansalah.Metode An-Nahdliyahmerupakanmetode yang mengedepankanketukan titian murotalsehinggaterciptaketeraturanbacaansesuaidengankaidahilmuTajwid.Berdasarkanlatarbelakang, makapermasalahan yang diangkatolehpenelitiyaitu :“BagaimanakahPenerapanMetode An-NahdliyahDalamPembelajaranMembaca Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-FurqonPancasanAjibarangBanyumas?” TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimanaPenerapanMetode An-Nahdliyahdalampembelajaranmembaca Al-Qur’an di TPQ Al-FurqonPancasan.Objekpenelitianinipenulisfokuskanpadapenerapanmetode An-Nahdliyahpadapembelajaranmembaca Al-Qur’an.Penelitianinimerupakanpenelitiandeskriptifkualitatifdimanaditujukanuntukmenyajikan data danmenganalisis data sesuaidenganapa yang terjadi di lokasipenelitian. Tehnikpengambilan data melaluiobservasi, wawancaradandokumentasi.Untukanalisis data digunakanmetodeinduktifyaituanalisisberdasarkan data yang diperolehdenganlangkah-langkahnyapertamareduksi data, keduapenyajian data, danketigaverifikasi. Hasilpenelitian yang dapatpenulisungkapkanbahwa proses pembelajaran 6 jilid An-Nahdliyahdan Program Sorogan Al-Qur’an (PSQ) adalahmenggunakanmetodeceramah, metodedemonstrasi, metode drill, danmetodetanyajawab. Proses evaluasipembelajaranpada 6 jilid An-Nahdliyahadalahevaluasiharian, evaluasiakhirjiliddanEvaluasiBelajarTahapAkhir (EBTA), danpada PSQ proses evaluasipembelajaranadalahevaluasiharian, evaluasibulanandanmunaqosah. Hal inimenunjukkanbahwapenerapanmetode An-Nahdliyahdalampembelajaranmembaca Al-Qur’an di TPQ Al-FurqonPancasansudahbaikdansebagianbesarsudahsesuaidenganteori yang terdapatpadabukupanduan Taman Pendidikan Al-Qur’an Metode An-Nahdliyah yang disusunoleh LP Ma’arifCabangTulungagung yang dibuktikandengankesesuaianpraktekpadalangkah-langkahdalam proses pembelajaranmembaca Al-Qur’an dan proses evaluasipembelajarandari 6 jilid An-Nahdliyahdan PSQ denganmempertimbangkanaspekmateri, kebutuhansantri, ustadz/ustadzah, danwaktu yang tersedia
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode An-Nahdliyah, TPQ Al-FurqonPancasan |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 17 Feb 2017 03:15 |
Last Modified: | 17 Feb 2017 03:15 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2160 |
Actions (login required)
View Item |