INTERNALISASI AL-AKHLAQ AL-KARIMAH MELALUI KOMUNIKASI INTERPERSONAL USTADZ DAN SANTRI DI TPQ THOLABUL 'ILMI PAMIJEN SOKARAJA BANYUMAS

Lulu, Nur Bashiroh (2023) INTERNALISASI AL-AKHLAQ AL-KARIMAH MELALUI KOMUNIKASI INTERPERSONAL USTADZ DAN SANTRI DI TPQ THOLABUL 'ILMI PAMIJEN SOKARAJA BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LULU NUR BASHIROH_INTERNALISASI AL-AKHLAQ AL-KARIMAH MELALUI KOMUNIKASI INTERPERSONAL USTADZ DAN SANTRI DI TPQ THOLABUL 'ILMI PAMIJEN SOKARAJA BANYUMAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini, kekerasan, narkoba, dan pergaulan bebas di kalangan anak muda hanyalah “bencana awal” yang jika dibiarkan, akan menjadi bola liar yang tak terkendali. Jika tidak dihentikan, budaya negatif pada akhirnya akan berkembang menjadi gerakan kolektif yang merusak ketentraman hidup masyarakat. Pendidikan Islam harus mampu membentuk anak-anak menjadi generasi yang berkarakter al-akhlaq al-karimah sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Pendidikan mempunyaiperan yang sangat penting dalam kehidupan manusia terutama sekolah, madrasah, TPQ dan pondok pesantren. Pada penelitian ini, Penulis menggunakan metode kualitatif lapangan (field research)dengan pendekatan studi kasus. Sedangkan analisis data menggunakan teknikdata triangulation (triangulasi dalam hal metode/teknik pengumpulan data), yaitu penggunaan lebih dari satu metode pengumpulan data dalam kasus tunggal. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, penulis menemukan beberapa hasil penelitian, yaitu: (1) Internalisasi al-akhlaq al-karimah dilaksanakan di TPQ Tholabul ‘Ilmi dengan tujuan, mengajarkan al-akhlaq al-karimah supaya menjadi sifat atau karakter pribadi manusia, walaupun dalam pelaksanannya harus berlangsung lama, (2) Al-akhlaq al-karimah yang diajarkan di TPQ Tholabul ‘Ilmi adalah: Zuhud, Istiqamah, Malu, Birrul walidain, Sabar, Berani, Adil, Rendah Hati, Kasih sayang, Pemaaf, Menjaga kehormatan diri, Jujur dan Ikhlas, (3) Internalisasi al-akhlaq al-karimah di TPQ Tholabul ‘Ilmi telah memenuhi tiga tahapan yaitu tahap transformasi al-akhlaq al-karimah, tahap transaksi al-akhlaq al-karimah, dan tahap transinternalisasi al-akhlaq al-karimah, (4) Transformasi al-akhlaq al-karimah dilakukan ketika kegiatan sedang berlangsung. materi yang disampaikan secara spontan dan menggunakan metode ceramah. kendala yang dialami adalah kondisi atau suasana kelas atau tempat belajar yang kurang kondusif, (5) Transaksi al-akhlaq al-karimahdilakukan dengan memberikan contoh kemudian anak-anak diajak untuk melaksanakannya. Kesulitan yang dihadapi adalah tidak kondusifnya suasana kelas, (6) Tahap transinternalisasi al-akhlaq al-karimah berlangsung seumur hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, al-Akhlaq al-Karimah, Ustadz dan Santri
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lulu Nur Bashiroh sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:05
Last Modified: 28 Jul 2023 02:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21365

Actions (login required)

View Item View Item