ANIS ROHMAWATI, 1223308021 (2016) EVALUASI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TPQ BAITUL JANNAH KELURAHAN KARANG KLESEM PURWOKERTO SELATAN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_babI_babV_daftarpustaka.pdf Download (393kB) | Preview |
|
Text
Anis Rohmawati_EVALUASI PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI TPQ BAITUL.pdf Restricted to Registered users only Download (746kB) |
Abstract
Evaluasi merupakan salah satu aspek penting dalam proses pembelajaran. Jika prosesnya baik maka hasilnya akan baik. Evaluasi dalam pembelajaran memberikan manfaat kepada berbagai pihak seperti siswa, guru, sekolah/lembaga pendidikan, masyarakat dan pemerintah. Suatu pembelajaran dikatakan baik setelah melewati evaluasi, tanpa adanya evaluasi tidak akan diketahui apakah tujuan pembelajaran tersebut sudah tercapai, apakah dalam pembelajaran tersebut ada hal yang harus diperbaiki atau ada kekurangan yang perlu dilengkapi. Evaluasi pembelajaran harus dilakukan secara terus menerus untuk mengetahui dan memantau perubahan serta kemajuan peserta didik setelah menyelesaikan materi tertentu dalam jangka waktu tertentu. Rumusan masalah yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana pelakasanaan evaluasi pembelajaran di TPQ Baitul Jannah Kelurahan Karang Klesem Purwokerto Selatan?, yang menjadi subyek penelitian ini adalah guru, penguji, dan santri TPQ Baitul Jannah Kelurahan Karang Klesem Purwokerto Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana penelitian ini menggambarkan keadaan yang sebenarnya. Jenis penelitian yang penulis lakukan ini tergolong dalam penelitian lapangan (filed research) dengan mengumpulkan data langsung dari lapangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan evaluasi pembelajaran di TPQ Baitul Jannah Kelurahan Karang Klesem Purwokerto Selatan. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan ialah metode wawancara langsung, observasi lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang penulis peroleh bahwa di TPQ Baitul Jannah melaksanakan 3 tahap evaluasi yakni evaluasi penempatan, evaluasi harian, dan evaluasi kenaikan kelas. Kemudian sebelum pelaksanaan evaluasi terlebih dahulu melakukan langkah-langkah seperti berikut: pertama perencanaan evaluasi (merumuskan tujuan evaluasi, menetapkan aspek yang akan dievaluasi, menentukan metode/teknik evaluasi, menyusun alat ukur, menentukan kriteria yang akan digunakan dalam evaluasi dan menentukan frekuensi evaluasi), kedua pengumpulan data, ketiga pengelolaan data, keempat menentukan hasil evaluasi (memberikan interpretasi), kelima pelaporan/penggunaan hasil evaluasi. Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Indah Wijaya Antasari |
Date Deposited: | 06 Feb 2017 06:08 |
Last Modified: | 06 Feb 2017 06:08 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2125 |
Actions (login required)
View Item |