PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN PADA ANAK USIA DINI MELAUI METODE PEMBIASAAN DI SEKOLAH TK PERTIWI KALIBENDA AJIBARANG

Ariyana, Diniyati (2023) PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN PADA ANAK USIA DINI MELAUI METODE PEMBIASAAN DI SEKOLAH TK PERTIWI KALIBENDA AJIBARANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Aiyana Dniyati_Penanaman Karakter Disiplin Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Di Sekolah TK Pertiwi Kalibenda Ajibarang.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penanaman yaitu proses, cara, pembuatan menanam, menanamkan. Penanaman karakter kedisiplinan adalah proses pembettukan dan pengembangan sikap dan perilaku yang patuh, teratur, dan terdisiplin dalam menjalankan tugas-tugas, mengikuti aturan, serta menghormati waktu dan tanggung jawab. Kedisiplinan merupakan salah satu nilai karakter yang sangat penting dalam kehidupan individu, termasuk dalam dunia pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penanamam karakter kedisiplinan anak usia dini melalui metode pembiasaan di TK pertiwi Kalibenda Ajibarang. Serta apa saja faktor pendukung & penghambat dalam dalam melaksanakan penanaman karakter disiplin pada anak usia dini melalui pembiasaan di sekolah TK Pertiwi Kalbenda Ajibarang. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di TK pertiwi kalibenda Ajibarang. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan peserta didik dan objek yang diteliti merupakan metode penanaman disiplin anak usia dini di TK Pertiwi Kalibenda Ajibarang. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Data di analaisis secara kulitatif dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukan bahwa Penanaman Karakter Disiplin di TK Pertiwi Kalibenda melalui metode pembiasaan. Adapun bentuk pembiasaan yang di upayakan oleh guru yaitu pemberian stimulus dan respon serta guru mencontohkan dengan peniruan atau modelling. Pembiasaan yang di terapkan yakni berupa pembiasaan anak datang tepat waktu berangkat sekolah, cuci tangan sebelum masuk kelas, kemudian aanak menaruh dan melepas sepatu di tempatnya, pembiasaan disiplin membuang sampah, pembiasaan shalat dhuha, pembiasaan upacara di hari senin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penaman Karakter, Disiplin, Metode Pembiasaan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living > 649 Child rearing and home care of sick
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ariyana Diniyati sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:03
Last Modified: 27 Jul 2023 07:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21075

Actions (login required)

View Item View Item