Fazaa Daffa, Al Khirzin (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM BUKU SENI MERAYU TUHAN KARYA HUSEIN JA’FAR AL HADAR DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM ERA MILENIAL. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwoketo.
|
Text
Skripsi Fazaa Daffa Al Khirzin1917402336_PAI_Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius dalam Buku Seni Merayu Tuhan karya Husein Ja’far Al Hadar dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam di Era Milenial.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Dalam era milenial, terdapat banyak kasus moral yang marak terjadi di sekitar kita, baik melalui media sosial maupun langsung dalam lingkungan sekitar. Fenomena ini menjadi latar belakang penelitian ini. Untuk menghadapi hal tersebut, pentingnya pendidikan karakter menjadi mendesak. Pendidikan karakter merupakan upaya pengembangan dan pembentukan aspek kejiwaan, akhlak, dan budi pekerti seseorang agar menjadi lebih baik. Tujuan penulisan skripsi ini yakni untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter religius dalam buku Seni Merayu Tuhan dan merelevansikannya dengan perkemnbangan pendidikan Islam di era milenial saat ini. Penelitian ini termasuk penelitian pustaka (library research). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas sumber data primer yaitu buku Seni Merayu Tuhan, data sekunder terdiri dari buku, jurnal dan dokumen lainnya yang menunjang perolehan data serta memiliki keterkaitan dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dengan teknik analisis isi (content analysis) model Krippendorf, digunakan peneliti dalam mendeskripsikan kandungan nilai-nilai pendidikan karakter religius dalam buku Seni Merayu Tuhan karya Husein Ja’far Al Hadar. Hasil penelitian yang telah dilakukan merujuk pada pendapat Jusuf Amir Feisal melalui bukunya Reorentasi Pendidikan Islam yang dianalisa lalu diterapkan untuk mengambil nilai-nilai pendidikan karakter religius yang menunjukkan terdapat tiga nilai utama, yaitu akidah, akhlak dan syariah (ibadah). Dengan menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter religius Islami pada aspek akidah, akhlak, dan syariah (ibadah), perkembangan pendidikan Islam di era milenial dapat memberikan landasan yang kuat bagi generasi milenial untuk menghadapi tantangan zaman modern. Melalui pemahaman yang benar, akhlak yang baik, dan pengamalan ibadah yang sesuai, diharapkan generasi milenial akan menjadi pribadi yang peduli terhadap agama, mampu menghadapi perkembangan teknologi dengan bijak, dan mengamalkan ajaran agama mereka dengan baik dalam kehidupan sehari-hari. Dan mampu memanfaatkan teknologi sebaik mungkin untuk meningkatkan keimanan dan kehidupan spiritual, tanpa terjerumus oleh dampak negatif pada zaman yang serba canggih.
Actions (login required)
View Item |