Bimbingan Dan Motivasi Keagamaan Islam Dalam Mewujudkan Komunitas Remaja Muslim Religius Di Desa Gemuruh

Muhammad, Irfan (2023) Bimbingan Dan Motivasi Keagamaan Islam Dalam Mewujudkan Komunitas Remaja Muslim Religius Di Desa Gemuruh. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Muhammad Irfan_Bimbingan Dan Motivasi Keagamaan Islam Dalam Mewujudkan Komunitas Remaja Muslim Religius Di Desa Gemuruh.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kajian ahad pagi sebagai bimbingan keagamaan untuk meningkatkan motivasi dalam mewujudkan remaja religius pada anggota ikatan remaja masjid di desa Gemuruh. Subjek dalam penelitian adalah pengurus ikatan remaja masjid yang mengikuti kegiatan kajian ahad pagi di desa Gemuruh yang berjumlah 5 orang. Bimbingan keagamaan merupakan sebuah proses pemberian bantuan dan arahan kepada individu agar mereka dapat hidup sesuai dengan ketentuan dan petunjuk yang ditetapkan oleh Allah. Bimbingan keagamaan mencakup berbagai aspek kehidupan seperti ibadah, akhlak, hubungan sosial, pekerjaan, dan lain sebagainya. Melalui bimbingan ini, individu diberikan pemahaman yang baik tentang ajaran agama Islam, diberi nasihat, dan tuntunan untuk menjalankan kehidupan yang sesuai dengan nilai-nilai agama. Dalam menuntut sebuah ilmu, seseorang harus memiliki motivasi yang berarti dorongan pada diri seseorang untuk melakukan sesuatu. Tanpa disertai motivasi dalam diri individu, maka seseorang tidak akan mencapai sesuatu yang yang dikehendakinya. Oleh karenanya, perlu adanya motivasi bagi remaja untuk membentuk karakter yang religius dan akhlak yang baik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Dari penelitian tersebut, berdasarkan hasil observasi dan wawancara dapat disimpulkan bahwa proses pelaksanaan bimbingan keagamaan berjalan dengan baik dan efektif, anggota IRMAS dengan senang hati mengikuti kajian ahad pagi yang telah menjadi program kerja yang diterapkan oleh ikatan remaja masjid di Desa Gemuruh. Dampak yang didapatkan oleh anggota ikatan remaja masjid terhadap bimbingan keagamaan terhadap motivasi mengikuti kajian ahad pagi yaitu untuk memperdalam ilmu pengetahuan agama dan akhlak yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan, Motivasi, Kajian Ahad Pagi, Anggota Remaja Masjid
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Muhammad Irfan sdr
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:04
Last Modified: 25 Jul 2023 03:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20537

Actions (login required)

View Item View Item