Siti, Sofiah (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM KELAS SAINS BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Siti Sofiah_Implementasi Kebijakan Program Kelas Sains Bagi Peserta Didik Kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Kebijakan pendidikan adalah strategi yang berhubungan dengan bidang persekolahan sepanjang waktu penjabaran visi dan misi pelatihan untuk mencapai tujuan instruktif melalui langkah-langkah pelaksanaan yang esensial petunjuk. Penulis tertarik dengan judul “Implementasi Kebijakan Program Sains Bagi Peserta Didik di SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto” karena program sains di SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto merupakan program yang baru berjalan selama dua tahun ini dan merupakan program unggulan yang masih baru dari program unggulan yang lain. Diprogram sains tersebut lebih difokuskan ke Ilmu pengetahuan Alam (IPA) yang terbagi menjadi tiga yakni IPA materi, IPA praktek, dan juga IPA projek. Penelitian ini bertujuan untuk mennggambarkan secara jelas bagaimana pelaksanaan kebijakan program sains di SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui tahap wawancara, observasi, dan dokumentasi saat penelitian. Teknis analisis data, reduksi data, penyajian data, keabsahan data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kebijakan program kelas sains kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto terdiri dari tiga tahap sebagai berikut. Pertama, tahap perencanaan sekolah melakukan sosialisasi terhadap guru mengenai pembelajaran program sains, menentukan penanggung jawab program sains, melakukan pendataan terhadap peserta didik yang mempunyai bakat dan minat pada saat awal proses penerimaan peiserta didik, guru merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan kurikulum yang digunakan sekolah. Kedua, pelaksanaan kebijakan program sains dimulai dari pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah kegiatan pendahuluan yang dilakukan oleh guru dalam merencanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang ditentukan sekolah. Ketiga, evaluasi tahap evaluasi sudah berjalan sesuai dengan kurikuilum yang digunakan oleh sekolah. Guru dan peserta didik mampu dalam melaksanakan program sains sejalan dengan tujuan yang telah direncanakan sebelumnya. Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Kebijakan Pendidikan, Program Sains
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kebijakan, Kebijakan Pendidikan, Program Sains |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management 500 Natural sciences and mathematics > 506 Organizations and management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Sofiah sdri |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 04:29 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 04:29 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20454 |
Actions (login required)
View Item |