KOMUNIKASI RITUAL DAN INSTRUMENTAL PONDOK PESANTREN MODERN DARUNNAJAT BUMIAYU DALAM PRAKTEK ILMIAH AMALIYAH LAPANGAN (PIALA) TERHADAP MASYARAKAT

Rahmawati, Rahmawati (2023) KOMUNIKASI RITUAL DAN INSTRUMENTAL PONDOK PESANTREN MODERN DARUNNAJAT BUMIAYU DALAM PRAKTEK ILMIAH AMALIYAH LAPANGAN (PIALA) TERHADAP MASYARAKAT. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RAHMAWATI_KOMUNIKASI RITUAL DAN INSTRUMENTAL PONDOK PESANTREN MODERN DARUNNAJAT BUMIAYU DALAM PRAKTEK ILMIAH AMALIYAH LAPANGAN (PIALA) TERHADAP MASYARAKAT.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Program akademis Praktek Ilmiyah Amaliyah Lapangan yang biasa disebut PIALA di dalam Pondok Pesantren Modern Darunnajat Bumiayu melatar belakangi penelitian ini. Salah satu pondok yang terhitung terkenal dan besar di daerah bumiayu ini memiliki program unggulan PIALA yang di pondok sekitarnya belum memiliki program tersebut. Sebuah program spiritual yang secara tidak langsung memperkenalkan institusi pondok pesantren kepada masyarakat dan memiliki sifat untuk menumbuhkan ketertarikan masyarakat kepada Pondok Pesantren Darunnajat Bumiayu. Sehingga penelitian ini berfokus pada Fungsi Komunikasi Ritual Dan Instrumental Pondok Pesantren Modern Darunnajat Bumiayu dalam Praktek Ilmiah Amaliyah Lapangan (PIALA) Terhadap Masyarakat. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana simbol ritual yang dihasilkan dari kegiatan komunikasi ritual dalam kegiatan praktek ilmiah amaliyah lapangan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif, menggunakan metode deskriptif. Pemilihan informan berjumlah lima orang dengan kriteria yang telah ditetapkan. Dalam mengumpulkan data penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan mereduksi data, penyajian data dan penyimpulan. Penelitian ini membuahkan hasil bahwa terdapat komunikasi ritual dan simbol-simbol ritual antara lain, simbol multivokal, polarisasi simbol, dan unifikasi. Dengan kegiatan spiritual menjadi imam shalat wajib, adzan, mengajar ngaji, khutbah, hingga kegiatan sosial berupa gotong royong, bakti sosial, dan bermasyarakat. Kata kunci: Komunikasi Ritual, Komunikasi Instrumental, Pondok Pesantren, Praktek Ilmiah Amaliyah Lapangan (PIALA).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Ritual, Komunikasi Instrumental, Pondok Pesantren, Praktek Ilmiah Amaliyah Lapangan (PIALA).
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.7 Islam dan Kesenian
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rahmawati Rahmawati sdri
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:25
Last Modified: 17 Apr 2023 07:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/18959

Actions (login required)

View Item View Item