Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kurikulum Tersembunyi (Hidden Curriculum) di MTs Muhammadiyah Purwokerto

Afiq Ihsanti, 1123301143 (2015) Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kurikulum Tersembunyi (Hidden Curriculum) di MTs Muhammadiyah Purwokerto. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
AFIQ IHSANTI_NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KURIKULUM TERSEMBUNYI (HIDDEN CURRICULUM) DI MTs MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Untuk mencapai tujuan pendidikan terdapat hal-hal yang tidak terdokumentasikan atau sifatnya tidak tertulis dan hal ini sangat berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pendidikan itu sendiri, hal-hal inilah yang disebut dengan kurikulum tersembunyi. Kurikulum tersembunyi berperan penting dalam peningkatan nilai-nilai pendidikan Islam, karena pada dasarnya konsep kurikulum tersembunyi terekspresikan dalam gagasan bahwa sekolah melakukan lebih dari sekedar menyebarkan pengetahuan seperti yang tercantum dalam kurikulum tertulis, tetapi juga mengandung pesan yang relevan dengan kenyataan hidup. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja bentuk-bentuk kurikulum tersembunyi di MTs Muhammadiyah Purwokerto?, dan nilai-nilai pendidikan Islam apa saja yang terkandung dalam kurikulum tersembunyi di MTs Muhammadiyah Purwokerto?. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kurikulum tersembunyi yang ada di MTs Muhammadiyah Purwokerto dan 2) untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam kurikulum tersembunyi yang ada di MTs Muhammadiyah Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan pola pemikiran induktif. Dari hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan: 1) Bentuk-bentuk kurikulum tersembunyi (hidden curriculum) di MTs Muhammadiyah Purwokerto yaitu: Membaca do’a sebelum pembelajaran jam pertama, muroja’ah juz’amma dan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, pembiasaan sholat Dhuha, sholat Zuhur dan sholat Jum’at berjama’ah, infaq rutin, penyembelihan hewan qurban, Kegiatan senyum sapa salam, kebiasaan dalam berbicara sopan kepada yang lebih tua, mengucapakan salam ketika berjumpa seseorang maupun memasuki ruang tertentu (UKS, Perpustakaan, ruang TU, ruang Guru, ruang kelas), budaya bersih, penataan lingkungan fisik sekolah, outing class, figur tenaga pendidikan dan kependidikan yang bersahabat dan inspiratif, datang ke kelas tepat waktu. 2) Nilainilai pendidikan Islam dalam kurikulum tersembunyi (hidden curriculum) di MTs Muhammadiyah Purwokerto dapat digolongkan menjadi tiga nilai pendidikan Islam, yaitu: a) nilai pendidikan aqidah yang meliputi: memperdalam kecintaan terhadap rosullah SAW, memperdalam muroqobah Alloh SWT dalam hatinya dengan senantiasa menjaga perintah Allah SWT, membaca doa, membaca Al-Qur’an b) nilai pendidikan ibadah yang meliputi: membaca Al-Qur’an, mengerjakan sholat, infak, qurban, c) nilai pendidikan akhlak yang meliputi: ukhuwah, kasih sayang, kerjasama, menjaga kelastarian alam dan lingkungan, disiplin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nilai, kurikulum tersembunyi
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 09 Dec 2016 09:03
Last Modified: 09 Dec 2016 09:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1875

Actions (login required)

View Item View Item